JAYAPURA, GORIAU.COM - Calon presiden Jokowi dilatih tim ahli untuk mempersiapkan diri menghadapi debat kandidat capres.

Sekretaris Tim Kampanye Jokowi-JK, Andi Widjajanto mengatakan, Tim ahli tersebut, mendampingi Jokowi terus menerus secara bergantian. "Sekarang yang mendampingi Alexander Lay dari tim hukum. Karena salah satu topik debat 9 Juni nanti soal hukum," ujar Andi di Jayapura, Papua, Kamis (5/6).

Tim ahli, kata Andi, melatih Jokowi tak hanya mengenai substansi topik yang akan diperdebatkan. Tetapi juga mengenai metode debatnya. Untuk mematangkan persiapan, ujar Andi, Jokowi juga akan melakukan simulasi sehari sebelum debat kandidat KPU dilakukan.

Andi mengungkapkan, tim ahli Jokowi-JK terdiri dari ahli politik internasional, ekonomi, hukum, pertahanan, dan energi. Untuk materi politik internasional, Jokowi dilatih oleh Rizal Sukma. Sementara, untuk materi ekonomi dan pangan, tim ahlinya yakni Imam Soegema dan M Prakosa. Adapun ahli energi terdiri dari Darmawan Prasojo dan Ari Soemarmo.

Andi menambahkan, Jokowi juga dilatih oleh Edy Prasetyono dalam hal ilmu pertahanan. Sementara, untuk mematangkan debat pada topik ekonomi dan lingkungan, Jokowi akan belajar pada Arif Budimanta.

Andi menilai, kubu Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta memiliki kekuatan seimbang dalam debat kandidat nanti. Jokowi, ujarnya, berada di dalam pemerintahan sehingga sudah memiliki pengalaman. Namun, Jokowi memang tidak mahir beretorika.

Sebaliknya, Prabowo berada di luar pemerintahan namun memiliki kemampuan berorasi yang baik. Sementara Hatta Rajasa, paham mengenai pemerintahan. "Saya rasa kekuatannya seimbang. Lihat saja bagaimana nanti," kata dia.***