JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kasus pertama positif virus corona di Indonesia, Senin (2/3/3030). Kedua pasien merupakan ibu dan putrinya.

Namun Jokowi tidak mengungkapkan di rumah sakit mana kedua pasien terinfeksi Covid-19 dirawat. Jokowi hanya memastikan keduanya dirawat di Indonesia.

''Di Indonesia. Sudah di rumah sakit,'' kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin (2/3/2020), seperti dikutip dari kompas.com.

Ternyata, kedua pasien virus corona itu dirawat di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, telah mendatangi RSPI Sulianti Saroso menjenguk ibu dan anak yang dirawat di ruangan khusus tersebut.

"Saya akan ngecek dulu. Setelah nanti keluar aku baru bisa jawab. Sabar semenit dua menit,'' kata Terawan di RSPI Salianti Saroso, Senin (2/3), seperti dikutip dari merdeka.com.

Terawan membenarkan kedua pasien merupakan ibu dan anak yang berusia 64 dan 31 tahun. Kini kediaman yang dihuni pasien positif virus corona tersebut telah diisolasi.

''Rumahnya dicek. Ibu dan anak 64 dan 31 tahun. Sudah melakukan isolasi rumah. Terkenanya di Jakarta, daerah Depok,'' ujarnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan pasien tersebut mulai terdeteksi kemarin. ''Terdeteksi 1 Meret. Kita sudah dengar berita. Kita langsung lakukan pemeriksaan. Kalau enggak close kontak, itu berbeda. Dibandingkan kita mengacu. Karena tidak mungkin,'' tuturnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi menjelaskan, kedua sempat kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia.

''Orang Jepang ke Indonesia bertamu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,'' kata Jokowi.

Menurut Jokowi, kedua WNI tersebut sempat kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia. Warga Jepang itu terdeteksi virus corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia.

''Orang jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,'' kata Jokowi.

''Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona,'' sambung Presiden.***