JAKARTA - Kepolisian Resor (Polres) dan Kepolisian Daerah (Polda) di luar Pulau Jawa lebih dipercaya publik. Demikian hasil riset indeks kepercayaan publik terhadap Polri yang dilakukan Markplus Insight.

Dikutip dari republika.co.id, Polres yang menempati peringkat tiga besar indeks kepuasan publik di luar Jawa adalah Polres Talaud di Sulawesi Utara, Polres Ende dan Polres Sikka di Nusa Tenggara Timur (NTT).

''Peringkat tiga besar Polres di luar Jawa untuk indeks kepuasan adalah Polres Talaud, Polres Ende dan Polres Sikka. Untuk Polres di Jawa, tiga besar indeks kepuasan adalah Polres Pasuruan Kota, Polres Mojokerto, dan Polres Tuban,'' ujar Chairman Markplus, Hermawan Kertajaya, kepada wartawan di kantornya, Office 88, Jakarta Selatan, Jumat (1/2).

Ia menerangkan, terdapat 110 Polres dan satu Polda yang indeks kepuasannya di atas 90 persen. Mayoritas letaknya di luar Pulau Jawa. Untuk indeks kepercayaan, ada 191 Polres dan enam Polda yang di atas 90 persen, itu juga mayoritas di luar Pulau Jawa.

Sementara itu, untuk kepercayaan, Polres yang mendapat indeks tertinggi di luar Jawa adalah Polres Padang Panjang, Polres Tebing Tinggi dan Polres Muara Enim. Sedangkan untuk yang di Jawa adalah Polres Pasuruan Kota, Polres Gunung Kidul, dan Polres Mojokerto.

Survei tersebut melibatkan 29.250 responden acak yang berada di wilayah hukum 34 Polda dan 461 Polres. Survei dilakukan dengan metode survei daring, computer assisted telephone interview (CATI), dan computer assited personal interview (CAPI).

Hermawan menerangkan, respondennya berasal dari kategori usia 21 sampai 25 tahun, dengan level pendidikan mayoritas SMA atau setingkat SMA. Hermawan memastikan, dalam melakukan survei ini respondennya bukan berasal dari keluarga polisi.

''Sejumlah Polres dan Polda di luar Jawa yang mencapai indeks kepuasan dan kepercayaan di atas 90 persen menunjukan sangat baiknya hubungan antara polisi dan masyarakat di daerah. Sehingga masyarakat cenderung lebih mudah mengapresiasi apa yang dilakukan Polri,'' kata Hermawan.

Ia menuturkan, responden diajukan skala penilaian satu sampai enam untuk menunjukan tingkat kepuasannya dan kepercayaannya terhadap polisi. Mayoritas respondem memberikan nilai 4 dan 5. Dia juga menjelaskan, ada empat poin yang mendasari penilaian terhadap Polri, yakni kultur, penanganan isu terkini, dan manajemen media.

''Di urutan keempat ada kinerja. Empat poin itu berkontribusi besar dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri,'' kata dia.***