JAKARTA - Langsung melihat layar handphone (ponsel) saat terbangun dari tidur merupakan kebiasaan para pengguna ponsel.

Bila Anda termasuk di dalamnya, maka sebaiknya mulailah berusaha meninggalkan kebiasaan tersebut. Sebab, kebiasaan itu bisa menimbulkan sejumlah bahaya.

Dikuti dari fimela.com yang melansir dari timesofindia.indiatimes.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh IDC, hampir 80% pengguna telepon pintar, hal pertama yang dilakukan sebelum hal lainnya adalah mengambil telepon pintarnya. Dalam kurun waktu 15 menit setelah bangun tidur, 4 dari 5 orang mengecek ponselnya. Walau sepintas ini tak berdampak negatif, tapi bahayanya tetap saja mengintai.

1. Memicu Stres

Langsung membuka ponsel sebelum bangun dari tempat tidur bisa memicu stres dan kecemasan. Ketenangan dan kedamaian pikiran kita sudah terganggu bahkan sebelum kita memulai hari.

Kita akan langsung disibukkan dengan hal-hal yang kita lewati sebelumnya dan langsung merasa terbebani dengan hal-hal yang akan dilakukan hari ini.

2. Memicu Pola Makan Buruk

Belum apa-apa, kita sudah dibuat jengkel atau bahkan iri dengan kehidupan orang lain di media sosial yang tampak lebih bahagia. Belum apa-apa, kita sudah sibuk membandingkan diri dengan orang lain. Hal ini akan membuat suasana hati kita memburuk. Baru bangun tidur sudah merasa kesal dan bete.

Akibatnya bisa membuat kita bersikap masa bodoh dengan makanan yang akan kita konsumsi. Bahkan bisa cenderung pada pilihan makanan yang tidak sehat.

3. Membuat Hati Sedih

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of British Columbia, saat kita mengurangi waktu mengecek kotak masuk di ponsel kita, stres yang kita rasakan akan menurun.

Ada baiknya memang kita mengambil jeda dan meluangkan waktu untuk menjernihkan pikiran terlebih dahulu pada pagi hari setelah bangun tidur. Baru ketika kondisi tubuh sudah prima, kita bisa membuka dan mengecek ponsel kita kembali.

4. Menyulitkan Kita Membuat Prioritas yang Tepat

Baru bangun tidur, langsung dihadapkan pada berbagai macam informasi. Hal ini bisa membuat otak kita bingung. Kita jadi kesulitan membedakan mana yang lebih penting dari lainnya.

Kita kesulitan dalam membuat prioritas. Perhatian kita jadi terpecah dan menyulitkan kita untuk melakukan hal yang lebih penting.

Begitu bangun tidur, sebaiknya minum segelas air putih terlebih dahulu. Beri jeda pada dirimu untuk memulihkan kondisimu sampai benar-benar terjaga. Setelah itu baru buka ponselmu dan awali hari dengan semangat baru.***