JAKARTA - Gempa bermagnitudo 7,2 mengguncang wilayah Maluku Utara (Malut), Ahad (14/7) sore, pukul 16.10 WIB. Guncangan gempa juga terasa kuat di Kabupaten Halmahera Selatan, hingga warga berhamburan ke luar rumah.

Dikutip dari liputan6.com, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakui akun twitter @infoBMKG menyatakan, pusat gempa berada 0.59 Lintang Selatan dan 128.06 Bujur Timur atau berjarak 62 kilometer dari timur laut Labuha, Maluku Utara.

BMKG juga menginformasikan, gempa tersebut berada dalam kedalaman 10 kilometer. BMKG menyatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan hingga saat ini akibat gempa tersebut. Gempa terasa hingga Manado, Ambon, Ternate, Namlea, Gorontalo, Sorong dan Bolang Mongondow.

Warga Berhamburan

Kepala Bidang Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Rita Rosita menyebutkan, gempa terasa kuat di Halmahera Selatan selama 2-5 detik.

''Gempa dirasakan kuat di Kabupaten Halmahera selatan selama 2-5 detik dan masyarakat panik berhamburan keluar rumah,'' ujar Rita Rosita melalui keterangannya, seperti dikutip dari okezone.com.

Rita yang mendapatkan informasi dari BPBD Halmahera Selatan menuturkan, gempa berada di 62 km Timur Laut Labuha, 104 km Tenggara Weda, 108 km Timur Laut Halmahera Selatan. ***