JAKARTA - Dua pasien positif terinfeksi virus corona di Singapura, dikabarkan baru saja pulang dari Batam, Kepulauan Riau.

Dikutip dari Tempo,co, dua pasien tersebut, termasuk dalam empat kasus terbaru virus corona yang dirilis pemerintah Singapura pada 1 Maret 2020, pukul 12.00 waktu setempat, melalui situs resmi pemerintah www.gov.sg.

Pada kasus 103, warga negara Singapura berusia 37 tahun dinyatakan positif terjangkit virus corona yang tidak memiliki sejarah perjalanan baru-baru ini ke Cina, Daegu dan Cheongdo, tetapi ia baru saja dari Batam. Orang itu anggota keluarga dari kasus 93 dan terhubung dengan kasus 101.

Sedangkan kasus 104 adalah warga negara Myanmar berusia 25 tahun yang tidak memiliki sejarah perjalanan baru-baru ini ke Cina, Daegu dan Cheongdo tetapi juga baru saja dari Batam. Dia adalah pekerja rumah tangga asing yang dipekerjakan oleh orang pada kasus 103.

Kadiskes Batam Membenarkan

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Batam Didi Kusmarjadi membenarkan kedua pasien itu pernah ke Batam sebelum dinyatakan positif corona oleh Singapura. ''Sebelumnya (di Batam) tidak positif,'' kata Didi kepada Tempo, Senin (2/3/2020). 

Menurut Didi, saat masuk ke Batam kedua orang itu tidak menunjukan gejala. Pasien kembali ke Singapura, 23 Februari 2020. Pada 26 Februari 2020 pasien mulai menunjukkan gejala terjangkit virus corona. ''29 Februari terkonfirmasi positif Covid-19.''

Kedua pasien saling berhubungan. Pasien kasus 104 adalah pembantu rumah tangga 103. ''Mereka ke Batam hanya jalan-jalan saja,'' kata Didi. 

Singapura mencatat pada 1 Maret 2020, kasus 54 dan 60 infeksi virus Corona telah keluar dari rumah sakit hari ini. Secara keseluruhan, 74 telah pulih sepenuhnya dari infeksi dan telah dikeluarkan dari rumah sakit.***