JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais didesak mundur dari partai berlambang matahari tersebut. Desakan tersebut disampaikan lima pendiri PAN, yakni Goenawan Mohamad, Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Toety Heraty dan Zumroti melalui surat terbuka.

Dikutip dari merdeka.com, Amien Rais menilai surat terbuka dari lima pendiri PAN itu muncul karena perbedaan dukungan terhadap Capres dan Cawapres di Pilpres 2019.

''Mereka semua mendukung Jokowi. Saya dukung Prabowo. Itu saja,'' ujar Amien Rais di Aula Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Senin (31/12).

Amien menuturkan jika surat terbuka dari pendiri PAN itu merupakan hal yang lucu.

Sebab menurut Amien para pendiri PAN seperti Goenawan Mohamad yang membuat surat terbuka untuk dirinya ini sudah tak lagi menjadi bagian dari PAN, dan sudah mengundurkan diri.

''Ya, memang (pembuat surat terbuka sudah mengundurkan diri dari PAN). Itu lucunya. Lucunya,'' ungkap Amien.

Mantan Ketua MPR ini tak mau menanggapi surat terbuka, dan manuver dari para pendiri PAN tersebut. Amien menuturkan jika sudah banyak politikus lain yang angkat bicara tentang masalah tersebut. Amien pun menganggap jika masalah surat terbuka itu telah rampung.

''Ya itu bagi saya memang enggak perlu saya tanggapi karena sudah banyak yang menanggapi. Jadi buat saya itu sudah selesai,'' papar Amien.

Amien menambahkan jika akan waktunya untuk menanggapi surat terbuka dari para pendiri PAN tersebut. Amien mengaku saat ini sedang menulis monograf untuk menanggapi surat terbuka itu.

''Tapi kalau mau dibawa lagi nanti ada waktunya. Saya sedang menulis sebuah monograf yang bisa menjelaskan. Jadi tunggu saja,'' tutup Amien.***