CANBERRA - Andrew Broad, menteri muda yang diperbantukan pada Wakil Perdana Menteri Australia, memutuskan mengundurkan. Keputusan itu diambilnya setelah kabar dirinya berkencan dengan wanita muda saat berkunjung ke Hong Kong diberitakan media massa.

Dikutip dari republika.co.id, majalah New Idea yang pertama kali menyiarkan kabar tersebut mengungkap Broad awalnya menggunakan website kencan untuk mencari cewek dan berlanjut saling kirim SMS.

Menurut majalah itu, cewek bernama Amy yang ditemui Broad (43 tahun) berusia hampir 20 tahun lebih muda daripada anggota DPR Australia dari Partai Nasional tersebut.

Amy mengaku makan malam bersama Broad di sebuah restoran mahal di Hong Kong bulan lalu. Politisi faksi pemerintah yang mewakili dapil Mallee di negara bagian Victoria ini sudah memiliki istri. Namun, dia mengaku yakin wanita yang melontarkan tudingan itu mungkin terlibat kriminalitas.

Menyusul pemberitaan itu, Wakil PM Australia yang juga pimpinan Partai Nasional Michael McCormack menegaskan sangat wajar bila Broad mengundurkan diri dari jabatan kementerian yang diembannya.

''Broad akan tetap duduk sebagai wakil rakyat dari dapil Mallee yang didudukinya sejak 2013,'' ujar McCormack dalam pernyataan tertulis.

ABC telah menghubungi Broad namun belum mendapatkan tanggapan.

''Saya mendapat masukan bahwa orang yang melontarkan tudingan ini kemungkinan terlibat kriminalitas,'' kata Broad kepada majalah New Idea.

''Masalah ini telah dilaporkan ke pihak Kepolisian Federal Australia (AFP) dan saya tak akan berkomentar lebih jauh,'' ujarnya.

Wakil PM McCormack dalam keterangan pers di Sydney pada Senin (17/12) menyebut kejadian ini sebagai ''gangguan''. Pasalnya, pada saat yang sama pemerintah mengumumkan prakiraan APBN yang surplus.

Dia mengungkap bahwa Broad sudah menemuinya dua pekan lalu dan menyarankan kepada yang bersangkutan untuk melaporkannya ke polisi.

''Saya mendorong dia melapor ke AFP mengenai tudingan yang dia sampaikan maupun yang ditujukan kepadanya,'' kata McCormack.

''Saya rasa ini merupakan tindakan tepat dan kita tunggu bagaimana hasil penyelidikan AFP atas hal ini,'' lanjutnya.

McCormack meminta masyarakat untuk menunggu hasil penyelidikan polisi. ''Masalah seperti ini tidak selalu hitam putih,'' katanya.

Namun dia menegaskan sudah tepat bila Broad mengundurkan diri dari posisinya sebagai menteri muda.

Broad ditunjuk menjabat menteri muda pada Agustus lalu saat terjadi reshuffle kabinet atas terpilihnya Scott Morrison sebagai Perdana Menteri. Broad pernah diwawancarai ABC. Saat itu dia mengaku meski menjunjung keyakinan Kristiani, namun dia tidak ingin dikategorikan sebagai ''Politisi Kristen''.

''Saya anggota parlemen yang memiliki keyakinan dan keyakinan ini bersumber pada prinsip dasar bahwa umat manusia berdosa dan dosa kita bisa ditebus,'' ujarnya.

Dia termasuk politisi Partai Nasional yang mendesak mantan Wakil PM Barnaby Joyce untuk mundur terkait isu perselingkungan dengan mantan stafnya.

Broad terpilih ke DPR Australia pada 2013. Dapilnya di daerah Mallee merupakan salah satu dapil paling aman bagi partainya dengan selisih suara dari parpol lain lebih dari 20 persen. Namun menyusul kasus ini, dia belum mengundurkan diri dari kursi DPR.***