YOGYAKARTA - Seorang calon anggota legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendadak viral setelah akun medsos pk_sejahtera mengunggah poster pen-calegan-nya.

Penyebabnya adalah karena namanya beraroma Katolik, yakni Fransisca Santa Clause, sementara PKS merupakan partai yang mengklaim beridiologi Islam.

Dikutip dari merdeka.com, Fransisca maju sebagai caleg PKS untuk DPRD Sleman, DI Yogyakarta. Fransisca bertarung di Dapil Sleman dan Mlati.

Fransisca mengakui jika namanya menjadi viral usai akun medsos pk_sejahtera mengunggah poster pen-calegan-nya. Unggahan itu kemudian menjadi perhatian dan memancing komentar warganet.

Fransisca mengakui nama yang tertera memang merupakan nama aslinya. Nama itu merupakan pemberian orangtuanya.

Berdasarkan cerita dari orangtuanya, nama Fransisca Santa Clause ini dipilih berdasarkan usulan dari keluarga. Kebetulan, keluarga Fransisca memiliki latar belakang agama yang berbeda.

''Nama yang memberi orangtua saya. Kalau kata orangtua saya karena saya lahirnya akhir bulan November. Kemudian ada yang usul dari keluarga agar dinamai Fransisca Santa Clause,'' kata Fransisca.

Alumni Fakultas Pertanian UGM ini mengaku tak memermasalahkan namanya yang menjadi viral. Selain viral di medsos, nama Fransisca pun kerap mendapatkan pertanyaan dari teman maupun kenalannya.

Fransisca mengaku awalnya sempat terbebani dengan nama yang disandang. Namun seiring waktu berjalan, Fransisca pun menganggap pertanyaan itu hal yang biasa. Yang pasti, kata Fransisca, dirinya adalah Muslimah.

''Beban awalnya dulu. Ya waktu mulai paham, awal sekolah. Banyak yang bertanya. Tapi sekarang sudah saya anggap biasa saja, kan yang penting imannya,'' tutup perempuan berusia 32 tahun ini. ***