PADANG - Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengklarifikasi pusat dan kekuatan gempa yang mengguncang Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (28/2), pukul 06.27 WIB.

Dikutip dari tribunnews.com, sebelumnya BMKG menginformasikan bahwa pusat gempa berada di Kabupaten Pasaman, dengan kekuatan 5,6 magnitude. Dari hasil pemutakhiran, ternyata pusat gempa berada di Solok Selatan, dengan kekuatan 5,3 magnitude.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Padang Panjang, Irwan Slamet mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,4 LS dan 101,53 BT.

Lokasi tepatnya ada di darat pada jarak 36 kilometer arah timur laut Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumbar, pada kedalaman 10 kilometer.

''Koordinat epic sudah betul. Acuan kota ada kekeliruan, karena pemilihan daerah terdekat dilakukan komputer secara otomatis,'' kata Irwan kepada TribunPadang.com.

Diberitakan sebelumnya, gempa bumi 5,6 SR guncang Pasaman Sumbar, Kamis pagi. Melansir situs BMKG, gempa memiliki kedalaman 10 km. Lokasi gempa berpusat 38 km timur laut Pasaman. Gempa tidak berpotensi tsunami.***