JAKARTA - Pada Jumat sore (27/5/2016), matahari akan berada tepat di atas Kakbah. Sehingga, besok menjadi waktu yang mudah untuk menentukan arah kiblat yang tepat.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar), Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin, mengatakan, data astronomi menunjukkan matahari akan melintas tepat di atas Kabah pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA.

"Bayang-bayang benda yang berdiri tegak, pada tanggal dan jam tersebut akan mengarah tepat ke Kakbah," kata Amin, sebagaimana dikutip Dream dari laman kemenag.go.id, Kamis, 26 Mei 2016.

Amin mengatakan, peristiwa semacam ini sering dikenal dengan nama Rashdul Qiblah. Yaitu, ketentuan waktu di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Oleh karena itu, umat Muslim dan pengurus masjid atau musala bisa melakukan penentuan arah kiblat yang tepat pada Jumat besok.

Begini Caranya

Bagi yang ingin menentukan arah kiblat yang benar, bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Pertama, pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot atau bandul;

Kedua, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata; dan ketiga, jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, atau Telkom.***