JAKARTA - Briptu Berry Pramana Putra, anggota Brimob Detasemen B Timika, tewas ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Pimpinan Sabinus Waker.

Berry tertembak saat terjadi kontak senjata ketika anggota Brimob Detasemen B Timika memburu kelompok Sabinus Waker, yang sebelumnya memberondong mobil patroli hingga melukai dua anggota Brimob.

''Dari kontak senjata tersebut satu anggota Brimob Detasemen B Timika atas nama Briptu Berry Pramana Putra, mengalami luka tembak dan meninggal di TKP,'' kata Kabidhumas Polda Papua Kombes AM Kamal dalam keterangannya kepada merdeka.com.

Baku tembak itu terjadi di daerah Jembatan Utikini Tembagapura, Minggu (22/10) sekira pukul 16.00 WIT. Tim bantuan saat ini sedang melakukan evakuasi korban menuju Rumah Sakit PT Freeport Tembagapura.

''Tindakan kepolisian yang diambil melakukan evakuasi korban ke RS.PI di Tembagapura dan melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB),'' katanya.

Sebelumnya, kontak senjata kembali terjadi di Papua. Kali ini terjadi di Gunung Sangker Kalibua, Kampung Utikini, Tembagapura sekitar pukul 12.35 WIT, Sabtu (21/10).

Awalnya, anggota Brimob Polda Papua melakukan patroli di sekitar Kali Bua. Tiba-tibam kelompok kriminal bersenjata menembaki patroli anggota Brimob. Diketahui kelompok itu pimpinan Sabinus Waker. Sehingga terjadi kontak senjata.

''Dalam kontak tembak tersebut 2 (dua) personel Brimob Den B Timika mengalami luka tembak di antaranya, Brigpol Mufadol Satuan Brimob Den B Timika, luka tembak pada kaki kiri. Barada Alwin Satuan Brimob Den B Timika, luka tembak pada bagian perut, serpihan peluru mengenai tulang paha kanan, lambung dan kandung kemih,'' kata Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Papua, AKBP Suryadi Diaz, Minggu (22/10).

Kedua anggota yang luka sudah dievakuasi dan mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit PT. Freeport di Tembagapura. Kondisi kedua korban dalam keadaan sadar dan sudah membaik dari kondisi sebelumnya.

Polisi kini tengah melakukan pengejaran terhadap kelompok bersenjata pimpinan Sabinus Waker tersebut.***