JAKARTA - Aktor senior Robert Isaac Kaihena Sugara alias Robby Sugara meninggal dunia, Kamis (13/6) dini hari, sekitar pukul 00.10 WIB.

Dikutip dari liputan6.com, kabar meninggalnya Robby Sugara diketahui dari akun Facebook Toto Soegriwo, Kamis.

''Dunia Perfilman Indonesia kembali kehilangan salah satu aktor terbaiknya. Telah berpulang ke rumah Bapa di Sorga, Robert Isaac Kaihena (Robby Sugara), pada hari ini, Kamis, 13 Juni 2019, sekitar pkl 00.10 WIB. Aktor yang telah membintangi lebih dari 40 judul film itu, jenazahnya disemayamkan di Rumah Duka RS UKI Cawang Jakarta Timur. Selamat Jalan Bung. Kiranya engkau damai di sisiNya. Aamiin,'' tulis Toto Soegriwo.

Dikutip dari kumparan.com, Robby wafat dalam perjalanan ke rumah sakit. Rabu sore (12/6) masih beraktivitas, malam sesak nafas, lalu dilarikan ke rumah sakit. Namun, dalam perjalanan, ia mengembuskan nafas terakhir. Ia akan dimakamkan pada Jumat (14/6) di TPU Pondok Ranggon.

Di masa keemasannya--tahun 1970-1980-an--Robby Sugara merupakan salah satu dari lima artis film yang mendapat julukan “ The Big Fives”. Maknanya: lima artis yang mendapat bayaran termahal. Empat artis lainnya: Roy Marten, Yenny Rachman, Yatie Octavia, dan Tanty Yoshepa.

Robby Sugara yang lahir di Malang tahun 1951, merupakan seorang aktor berdarah Jawa-Ambon-Belanda. Pada tahun 1975, aktor ini terkenal karena iklan pria Brisk yang dibintanginya. Ia merupakan salah seorang aktor kawakan pada periode 1970 hingga 1980-an. Namanya dapat disejajarkan dengan Tanty Yosepha, Yenny Rachman, Yati Octavia, Doris Callebaute, dan Roy Marten. Ia menikah dengan Bertha Suwages dan memiliki tujuh anak.

Robby mengawali debutnya di film tahun 1975. Tahun itu, ia membintangi lima film, di antaranya: 'Rahasia Perawan', 'Sentuhan Cinta', 'Wajah Tiga Perempuan', 'Ranjang Siang Ranjang Malam'.

Praktis sejak itu hingga tahun 1983 rata-rata tiap tahun, ia membintangi lima judul film. Setelah itu, ia menghilang hingga 2014. Robby muncul kembali tahun 2015 dan membintangi beberapa judul film dan sinetron, di antaranya ''Tersanjung'' dan ''D' Hijabers''.

Belasan tahun ''talak tiga'' dengan dunia film, karena ternyata tengah menekuni bisnis air liur burung walet di Pangandaran, Banten.

Sekitar enam bulan lalu--tanggal 17-19 Desember 2018--ia hadir dalam acara Reuni Artis yang digagas aktor Harry Capri di vilanya, daerah Bogor, Jawa Barat. Momen itulah pertemuan terakhir kami dengan Robby.

Dalam acara reuni itu, Robby tampak sehat, bahkan sempat menyumbangkan lagu pada malam puncak acara reuni yang dihadiri puluhan artis kenamaan yang pernah mencapai kejayaan di masanya. Seperti Rina Hassim, Ahmad Albar, Camelia Malik, Dana Christina, El Manik, Deddy Mizwar, Henky Tornado- Baby Zelvia, Harry Capri. Reuni itu dihadiri juga produser film Zairin Zain dan Firman Bintang.***