JAKARTA - Warga negara Indonesia (WNI) termasuk dalam 149 penumpang pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh di Kota Bishoftu, Ethiopia, enam menit setelah lepas landas dari Bandara Bole, Addis Ababa, Ahad (10/3), pukul 08.44 waktu setempat.

Dikutip dari kumparan.com, Kementerian Luar Negeri sudah mendapat kabar adanya WNI yang diduga ikut menjadi korban Ethiopian Airlines. Perwakilan Indonesia yang ada di sekitar lokasi jatuhnya pesawat sudah dihubungi untuk memastikan kabar tersebut.

''Kemlu bersama Perwakilan RI di sekitar lokasi kejadian masih terus berkomunikasi dengan otoritas setempat untuk mendapatkan informasi yang sevalid mungkin mengenai kemungkinan adanya korban WNI,'' kata Direktur Perlindungan WNI, Lalu Muhammad Iqbal, Minggu (10/3).

Dilansir Reuters, Ahad (10/3), CEO Ethiopian Airlines Tewolde Gebremariam membeberkan daftar lengkap 149 penumpang dan kewarganegaraannya. Ada seorang WNI dalam pesawat itu. Namun belum ada nama yang dirilis. Berikut daftarnya:

32 warga negara Kenya

18 warga negara Kanada

9 warga negara Ethiopia

8 warga negara Italia

8 warga negara China

8 warga negara Amerika Serikat

8 warga negara Inggris

7 warga negara Prancis

6 warga negara Mesir

5 warga negara Belanda

4 warga negara India

4 warga negara Slovakia

3 warga negara Austria

3 warga negara Swedia

3 warga negara Rusia

2 warga negara Maroko

2 warga negara Spanyol

2 warga negara Polandia

2 warga negara Israel

Satu orang masing-masing warga negara: Belgia, Indonesia, Somalia, Norwegia, Serbia, Togo, Mozambik, Rwanda, Sudan, Uganda dan Yaman

Ada empat orang terdaftar menggunakan paspor PBB dan asal negaranya masih belum bisa dipastikan.

Pesawat Ethiopian Airlines jatuh di Kota Bishoftu, Ethiopia, enam menit setelah lepas landas dari Bandara Bole, Addis Ababa, Minggu (10/3), pukul 08.44 waktu setempat. Pesawat Boeing jenis 737-800 MAX tersebut mengangkut 149 penumpang dan delapan awak kabin.

Kendaraan udara rute Addis Ababa-Nairobi, Kenya, itu, masih tergolong baru. Dilansir Associated Press yang mengutip Planespotters, Boeing jenis ini belum lama dikirim ke Ethiopian Airlines pada pertengahan November 2018.

Adapun pesawat jenis ini sama dengan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Indonesia, pada Oktober 2018. Setelah 13 menit lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 06.33 WIB, pesawat berpenumpang 189 orang tersebut jatuh di Ujung Karawang. ***