JAKARTA - Sebanyak 450 unit rumah semi permanen terbakar di pemukiman padat penduduk di Kampung Bandan, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (11/5) siang.

Dikutip dari kumparan.com, Camat Pademangan, Mumu Mujtahid, mengatakan, sebanyak 400 keluarga terpaksa mengungsi karena kediamannya hangus.

''Dengan rincian penduduk di antaranya sebanyak 110 KK di RT 11, 176 KK di RT 12, dan 114 KK di RT 13,'' ujar Mumu dalam keterangannya.

Sekitar pukul 21.00 WIB, asap masih membumbung di antara puing bangunan. Begitu pula dengan beberapa titik api yang masih menyala di antara puing.

Selain di pemukiman, kebakaran itu juga merambat ke sebuah ruko di ujung WTC Mangga Dua, yang berbatasan langsung dengan Kampung Bandan. Pemadam masih berusaha memadamkan api di ruko berlantai dua tersebut.

Kasudin Damkar Jakarta Utara, Satriadi, menyebutkan ada 21 unit pemadam yang dikirim ke lokasi untuk memadamkan api. ''Rincianya, 12 unit dari Jakarta Utara, 5 unit dari Jakarta Pusat, dan 4 unit dari Jakarta Barat, situasi saat ini sudah pendinginan,'' ucap Satriadi.

Satriadi mengatakan, sejauh ini belum ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Namun 1 orang dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sesak napas.

Pantauan kumparan di tengah kegelapan Kampung Bandan, beberapa warga masih nampak keluar masuk untuk menyelamatkan barang yang tersisa. Mereka pun belum mendapatkan kepastian di mana malam ini akan beristirahat.

''Belum ada posko pengungsian, ini saya lagi cari Pak RT dan Pak RW,'' ucap Agus, salah seorang warga yang ditemui di lokasi kebakaran.

Untuk sementara, warga beristirahat di jajaran warung makan sepanjang gang menuju Kampung Bandan. ***