MUNICH - Tiga ratus penerbangan dibatalkan otoritas Bandara Munich, Jerman dan 700 penumpang terpaksa tidur semalam di bandara gara-gara ulah seorang wanita.

Dikutip dari dream yang melansir Travel+Leisure, wanita tersebut membawa cairan melebihi batas di bagasinya. Petugas keamanan bandara melarang wanita itu masuk ke ruang tunggu.

Bukannya membuang barang tersebut, ia malah kembali ke loket check-in. Sekitar 15 menit kemudian, dia kembali ke pos pemeriksaan dan entah bagaimana bisa lolos tanpa diperiksa.

Saat petugas menyadari hal itu, wanita tersebut tidak dapat ditemukan. Rupanya, dia sudah duduk di pesawat.

Ads
Kejadian ini menyebabkan antrean panjang mencapai 32.000 orang yang hendak masuk bandara. Seluruh terminal di bandara ditutup pada semua orang di ruang pemantau dievakuasi.

Seluruh pesawat tetap berada di darat selama lebih dari tujuh jam. Sebanyak 330 penerbangan dibatalkan dan 700 orang harus bermalam di bandara.

Petugas pemeriksa di bandara mengaku tidak menyadari wanita tersebut menyelinap masuk. Saat itu, dia sibuk berbincang dengan rekannya.

Juru bicara bandara Munich mengatakan pihaknya tidak akan mengajukan gugatan kepada penumpang. ''Dari apa yang telah kami pelajari sejauh ini tentang insiden itu, kami tidak membayangkan mengambil tindakan hukum terhadap penumpang,'' kata juru bicara bandara.

Tiga orang karyawan perusahaan jasa keamanan Bandara Munich dipecat. Akibat insiden ini, Bandara Munich menderita kerugian US$1,2 juta, setara Rp17,3 miliar.***