JAKARTA - Sebanyak 188 WNI ABK kapal pesiar World Dream diobservasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu. Kondisi mereka dinyatakan negatif dari virus corona.

Dari 188 WNI tersebut, 172 laki-laki dan 16 perempuan. Salah seorang dari 16 perempuan tersebut dalam keadaan hamil.

Dikutip dari okezone.com, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, memastikan seluruh WNI ABK kapal World Dream telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Saat ini mereka melakukan kegiatan rutin sebagaimana peserta observasi sebelumnya.

''Sebagaimana kegiatan rutin saja. Mereka telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan hasilnya semua dari 188 orang,16 perempuan salah satunya dalam keadaan hamil, semua sehat dan negatif dari Covid-19,'' ungkap Muhadjir saat dikonfirmasi Okezone, Sabtu (29/2/2020).

Muhadjir mengatakan, perempuan hamil tersebut akan mendapatkan penanganan sesuai dengan kondisinya. Pemerintah sangat memberi perhatian.

Proses evakuasi dari KRI dr Suharso-990 menuju Pulau Sebaru Kecil menggunakan Landing Craft Utility (LCU). Kapal LCU merupakan jenis kapal yang digunakan pasukan amfibi untuk mengangkut peralatan dan pasukan ke pantai atau dermaga. Kapal LCU diperkirakan dapat menganggkut 60 personel sekali perjalanan.

Muhadjir menyaksikan proses evakuasi dari Pulau Pantara hingga proses usai. Ia pun memastikan jalannya proses pemulangan WNI berjalan dengan lancar.***