JAKARTA - Wanita yang memiliki payudara besar ternyata tak hanya berisiko menderita sakit punggung, namun juga berisiko terserang pilek dan masalah pernapasan.

Dikutip dari kompas.com, hasil penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior, mereka yang berdada besar berpotensi menderita pilek dan masalah pernafasan dua kali lebih besar dari wanita yang memiliki ukuran dada normal.

Penelitian ini melakukan survei terhadap 400 wanita tentang kesehatan mereka selama tiga tahun terakhir. Hasilnya, mereka dengan ukuran dada cup F, menderita pilek, batuk atau flu selama rata-rata 8,3 hari, sedangkan wanita dengan dada berukuran cup AA merasakan penyakit yang sama selama rata-rata 3,8 hari.

''Ukuran payudara berhubungan langsung dengan infeksi pernapasan,'' para peneliti menegaskan.

Pada dasarnya, lemak di payudara dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuatnya lebih sulit bagi tubuh untuk melawan infeksi pernapasan.

Leptin, yakni hormon yang ditemukan dalam sel-sel lemak juga berperan, karena itu mengurangi kemampuan tubuh untuk mencegah penyakit pada awalnya.

Terlebih lagi, sebuah penelitian berbeda mengonfirmasi bahwa wanita dengan dada lebih besar, 56 kali lebih mungkin untuk menyembuhkan flu dengan antibiotik.***