JAKARTA - Umumnya orang mulai beruban pada usia di atas 40 tahun. Namun banyak pula yang kepalanya sudah ditumbuhi uban ketika berusia di bawah 40 tahun. Bahkan ada orang yang sudah beruban pada usia di bawah 30 tahun.

Dikutip dari liputan6.com, sejumlah peneliti mengklaim telah menemukan penyebab tumbuhnya uban pada usia muda. Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari laman powerofpositivity.com, Minggu (3/2/2019):

1. Stres Kronis

Meskipun ada sedikit perdebatan tentang ini, beberapa penelitian telah mengungkap korelasi antara stres dan rambut beruban.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh ahli biologi seluler di New York University dan diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine, para peneliti mengamati pengurangan folikel rambut melalui pengurangan sel induk pada tubuh yang stres.

2. Defisiensi Vitamin

Seperti yang diketahui, kekurangan vitamin B12 dapat mempercepat pertumbuhan uban. Bagi mereka yang vegetarian atau vegan, dikatakan rentan dengan ini.

Sebab, pembatasan konsumsi daging berisiko membuat seseorang tumbuh uban di usia muda.

Individu yang menggunakan pil KB, dan mereka yang memiliki masalah pencernaan atau pencernaan juga berisiko lebih tinggi mengalami uban prematur.

3. Kondisi Medis

Penyakit autoimun secara efektif menyerang sel-sel di dalam tubuh, dan ini termasuk folikel rambut, yang memungkinkan terjadinya uban prematur. Ada juga penyebab medis lainnya.

"Kekurangan vitamin B-12 atau masalah dengan kelenjar hipofisis atau tiroid bisa menyebabkan penuaan dini, termasuk pertumbuhan uban."

4. Menggantikan Rambut Rontok

Kerontokan pada rambut adalah hal lumrah, tetapi jika tubuh Anda kekurangan asupan yang berkaitan dengan penumbuhan pigmen, rambut akan tumbuh sebagai uban.

Gaya hidup juga mempengaruhi. Merokok misalnya dapat sangat mempengaruhi kulit dan rambut.***