PEKANBARU - Provinsi Riau berhasil meraih peringkat dua se Indonesia kategori kementerian/lembaga/daerah kampanye massal gerakan bumil sehat melalui sosial media (Sosmed) Instagram.

Sedangkan untuk peringkat pertama diraih oleh Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), dan peringkat ketiga diraih oleh Daerah Mamuju Sulawesi Barat.

Gerakan kampanye Bumil sehat melalui Sosmed ini diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Kegiatan tersebut untuk mengajak masyarakat supaya berpartisipasi dan menjadi bagian dari gerakan ibu hamil (bumil) sehat 2022.

Bentuk dukungan diberikan adalah dengan me-upload atau mengunggah kegiatan dukungan Bumil Sehat. Perserta juga berkesempatan memenangkan berbagai hadiah senilai jutaan rupiah dari Kemenkes.

Sub Koordinator Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Provinsi Riau, Rozita, menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga Riau berhasil meraih posisi kedua tingkat nasional.

Rozita mengungkapkan, selama periode kampanye masal 22-25 Desember 2022, Provinsi Riau berhasil menembus hampir 2.000 postingan di Instagram dengan hastag yang sudah ditentukan oleh pusat.

"Alhamdulillah ya karena bisa menembus 1.900 lebih hampir 2.000 postingan instagram dengan hastag yang sudah ditentukan oleh pusat. Kemudian kita jadinya di nomor dua, nomor satunya Sulbar 2.700 postingan," ucapnya, di Pekanbaru, Kamis (29/12/22).

Rozita mengungkapkan, Dinas Kesehatan Riau selaku koordinator dari Riau untuk mengikuti kampanye ini berupaya mengajak semua pihak untuk turut berpartisipasi.

Mulai dari OPD di lingkungan Pemprov Riau, mahasiswa, organisasi, pramuka, perusahaan, kampus-kampus, TP PKK Riau, serta sampai ke tingkat kader-kader di posyandu.

Dikatakan dia, Dinkes Riau juga membentuk tim pemenangan kampanye massal gerakan bumil sehat tersebut. Sehingga diharapkan semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam gerakan itu.

"Kita awalnya berada pada posisi pertama tiga jam menjelang penutupan lomba, tapi kemudian dua jam terakhir Sulbar juga membuat tim pemenangan dan membuat laju kencang sampai meninggalkan kita 500 postingan [unggahan]," tambahnya.

Rozita menambahkan, selain meraih penghargaan tingkat provinsi, Riau juga berhasil meraih peringkat ketiga penghargaan kategori rumah sakit/puskesmas/fasilitas, yang diraih oleh Puskesmas Kuok Kampar.

"Kampar ini uniknya karena bupati nya ikut juga mendorong bagaimana bupati dan kepala dinasnya ikut mendorong teman-teman puskesmas untuk posting kampanyenya bumil sehat ini. Mewajibkan masing-masing untuk posting," tambahnya.

Rozita mengaku adanya kolaborasi yang hebat dari semua pihak, sehingga Riau unggul dari beberapa provinsi lainnya di Indonesia.

Dia berharap melalui gerakan ini semua orang peduli dengan ibu hamil agar tetap sehat dan bahagia, karena ibu berhak bahagia.

"Kegiatan ini bersempena dengan peringatan hari ibu tgl 22 Desember tahun 2022 maka hastagnya #22kakisayangibu, #22kamisayangiburiau," ucapnya.

"Secara keseluruhan itu posting sepertinya ratusan ribu, total dari seluruh Indonesia. Jadi kita cukup bangga Riau memiliki kontribusi yang cukup luar biasa walaupun kita baru bergeraknya dihari terakhir," tutupnya. ***