JAKARTA - Salah satu tujuan pernikahan adalah melanjutkan keturunan. Karena itu, hampir semua wanita pengantin baru berharap bisa segera hamil setelah menikah.

Namun kenyataannya, tidak semua pasangan suami istri  bisa segera memperoleh keturunan. Ada pasangan yang sudah bertahun-tahun menikah, namun belum juga dikaruniai anak.

Dikutip dari dream.co.id, kehamilan membutuhkan proses pembuahan, di mana sel telur bertemu dengan sel sperma. Ternyata tidak hanya hal itu saja yang harus diperhatikan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan, baik calon ayah maupun ibu.

Bagi yang sedang merencanakan memiliki momongan, berikut hal-hal penting yang perlu diketahui agar program kehamilan bisa berjalan lancar.

1. Menghitung Siklus Haid

Agar cepat hamil, calon ibu harus mengetahui siklus haid dengan benar. Siklus haid adalah rentang jumlah hari dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya.

Menghitung siklus haid dapat membantu calon ibu mengetahui masa subur. Siklus haid biasanya berubah setiap bulan. Untuk itu catat siklus haid jika ingin cepat hamil.

2. Terautur Melakukan Hubungan Intim

Salah satu hal yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang agar cepat hamil adalah dengan melakukan hubungan intim. Atur jadwal dengan pasangan untuk melakukan hubungan intim.

Sebaiknya melakukan hubungan intim sebanyak 2-3 kali seminggu agar cepat hamil. Menjelang masa subur, bisa melakukan hubungan intim satu kali setiap hari.

3. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Jika ingin cepat hamil, pastikan tubuh yang kuat dan sehat. Untuk itu, terapkan pola hidup sehat mulai hari ini agar tubuh siap hamil. Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan menjaga berat badan, rutin berolahraga, dan mengonsumsi makanan sehat.

4. Mengonsumsi Vitamin Asam Folat

Calon ayah dan calon ibu bisa mulai mengonsumsi vitamin yang mengandung asam folat sebelum hamil. Asam folat adalah kandungan yang penting untuk janin. Mengonsumsi vitamin ini saat merencanakan kehamilan dapat mendukung proses kehamilan.

5. Menghentikan Kebiasaan Tidak Sehat

Jika memiliki kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, sebaiknya segera hentikan. Kebiasaan ini dapat membuat kondisi tubuh menjadi kurang baik. Padahal agar cepat hamil, pasangan suami istri harus dalam kondisi tubuh yang sehat dan bugar.

6. Hindari Olahraga Berlebihan

Sebelumnya telah dibahas bahwa untuk cepat hamil pasangan suami istri harus memulai pola hidup sehat. Salah satu dari aktivitas yang disarankan adalah dengan berolahraga. 

Pilihan olahraga yang bisa dilakukan adalah berenang, berlari, yoga atau pilates. Hindari jenis olahraga yang terlalu berat.***