PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) memberikan penyuluhan tentang penanggulangan HIV/AIDS, bagi seluruh pegawai negeri sipil (PNS). Ini dilakukan, agar PNS dapat mensosialisasikan tentang bahayanya penyakit AIDS.

Kegiatan Penyuluhan Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS bagi PNS di lingkungan Pemprov Riau ini, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau H Zaini Ismail, Selasa (24/9/2013) di Hotel Mutiara Merdeka. Hadir juga, Kepala Biro Kesra Syahrial Abdi, Kepala Biro Humas Fahmi, perwakilan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional dan undangan lainnya.

Sekdaprov mengatakan, jika penyakit HIV/AIDS di Indonesia umumnya dan Provinsi Riau pada khususnya merupakan momok bagi masyarakat. Bahkan, tidak ada satu pun kabupaten/kota di Riau yang terbebas dengan kasus HIV/AIDS.

Zaini menerangkan, jika penderita HIV/AIDS ini tidak hanya menimpa kalangan swasta, wiraswasta maupun ibu rumah tangga (IRT)."Namun, tidak sedikit pula PNS yang terjangkit virus HIV/AIDS,"tuturnya.

Lebih jauh Zaini menyebutkan, untuk saat ini ada sekitar 45 kasus HIV/AIDS yang penderitanya adalah PNS. Oleh karena itu, dengan adanya penyuluhan ini, dapat mencegah dan meminimalisir terjangkitnya HIV/AIDS.

"Diharapkan PNS yang mendapatkan penyuluhan ini, dapat mensosialisasikannya kepada keluarga dan masyarakat. Sehingga kasus-kasus HIV/AIDS di Riau, dapat terkendali dan ditekan seminimal mungkin," terangnya.

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Penyuluhan HJ Zulaikha memaparkan, peserta penyuluhan ini berjumlah 300-an orang yang berasal dari seluruh perwakilan SKPD di lingkungan Pemprov Riau. Selain itu, diikuti oleh perwakilan lembaga sosial kemasyarakatan.

"Sebagai Narasumber, Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, Perwakilan KPA Riau, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, testimoni dan sejumlah narasumber lainnya. Mudah-mudahan, dengan penyuluhan ini, dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran PNS Pemprov Riau tentang pencegahan HIV/AIDS,"tuturnya. ***