PEKANBARU - Penjabat (Pj) Wali Kota Muflihun terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Kota (DPK) Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Pekanbaru. Selanjutnya, Muflihun akan memimpin IKAPTK Pekanbaru untuk lima tahun ke depan (2023-2028).

Ketua Panitia Kongres IKAPTK Kota Pekanbaru Syoffaizal di Hotel Grand Central, Selasa (10/1), mengatakan, IKAPTK sebelumnya diketuai Haris Rozie. Ia sudah pindah ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akhir 2018. Sehingga, IKAPTK tidak memiliki pimpinan.

"Makanya mulai saat ini, kami mencari figur yang dituakan untuk memimpin IKAPTK. Sebagai satu almamater, wadah ini bisa digunakan untuk kepentingan yang lebih besar lagi," ucapnya.

Makanya, anggota IKAPTK mencoba mengumpulkan semua para alumni, Akademi Pemerintah Dalam Negeri (APDN), Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN), dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Semua alumni sudah berkiprah di setiap jenjang.

"Ada yang menduduki posisi strategis. Namun, ada juga yang masih bertahan di posisi yang perlu dipertimbangkan," ujar Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru ini.

Kesempatan yang sama, Ketua IKAPTK Riau Asrizal mengatakan, pembentukan dewan pengurus kabupaten/kota IKAPTK harus dilaksanakan melalui kongres. Hal ini mengacu kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Permasalahan yang terjadi saat ini adalah IKAPTK Pekanbaru kekosongan ketua. Hal ini berdampak tidak bergeraknya kepengurusan IKAPTK.

"Sesuai AD/ART, kami harus memberikan mandat kepada tiga orang yaitu Syoffaizal, Ingot Ahmad Hutasuhut, dan Zulfahmi Adrian. Kami sudah melaksanakan tahapan ini. Mereka inilah yang akan membentuk dewan pengurus IKAPTK," ujar kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau ini.

Usai mendengarkan sambutan kedua senior STPDN itu, kongres pun dimulai. Dalam sidang pemilihan itu, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun terpilih oleh para anggota IKAPTK.

Kesempatan berbeda, Pj Wali Kota Muflihun mengatakan, ia telah dipercaya sebagai Ketua IKAPTK. Ia mengajak agar semua anggota IKAPTK solid dan harus mampu berbuat untuk kemajuan Kota Pekanbaru.

"Pamong sebagai abdi masyarakat harus bisa dekat dengan masyarakat. Turun langsung ke masyarakat," ucapnya. ***