PEKANBARU, GORIAU.COM - Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau menyediakan 14.000 judul dalam bentuk buku elektronik (e-book) yang dapat diakses untuk memudahkan para pembaca melihat koleksi dan mendapatkan bahan bacaan.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau, Chairul Rizky di Pekanbaru, Jumat (19/9/2014), mengatakan, buku elektronik yang dimiliki berbentuk bahasa inggris untuk bagi para pemustaka dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum.

''E-book yang kita miliki itu tidak ada yang dari sini, melainkan semuanya buku berbahasa inggris," katanya.

Dia mengatakan, buku elektronik tersebut hanya untuk dilihat oleh para pengunjung dan tidak bisa digandakan karena sudah dikunci dari server-nya.

Bahkan, katanya, izinnya juga langsung dari Mabes Polri, karena takut kalau buku itu disalahgunakan.

"Jika buku ini tidak boleh terbit, nanti malah dibajak kalau tidak dikunci," katanya.

Sejauh ini, sudah ada sebanyak 50 unit e-kios (komputer) yang disediakan untuk mengakses e-book yang berjumlah 14.000 judul tersebut di Perpustakaan Soeman HS.

Seluruhnya bisa diakses para pengunjung secara gratis," katanya.

Dari sekian banyak judul di e-book tersebut adalah di luar koleksi buku cetak dimiliki Perpustakaan Soeman HS saat ini yang berjumlah sekitar 250.000 eksemplar.

Terkait dengan upaya peningkatan pelayanan lainnya, BPAD juga mengoperasikan 10 unit mobil pustaka keliling yang mengunjungi tempat-tempat umum seperti sekolah, rumah ibadah dan lainnya untuk memudahkan masyarakat mendapatkan sumber bacaan.

Di samping itu juga dioperasikan dua unit mobil sadar arsip yang terus mengunjungi tempat umum termasuk ke daerah. (ant)