MANILA - Rhea Bullos, seorang siswi SD di Filipina, berhasil menyabet tiga medali emas dalam lomba lari, meskipun kakinya hanya dibalut plester perban. Prestasi luar biasa yang ditorehkan bocah 11 tahun itu viral di media sosial.

Dikutip dari kompas.com, Rhea Bullos memenangkan lomba lari cepat 400 meter, 800 meter dan 1.500 meter kategori putri di Iloilo.

Meski kakinya hanya beralaskan plester, siswi SD Salvacion itu mampu mengalahkan murid lain yang memakai sepatu lari yang bagus, dilansir Oddity Central Rabu (18/12/2019).

Foto ketika Rhea tengah duduk dengan kakinya yang dilapisi plester perban, dan digambar merek ''Nike'' segera viral di Filipina.

Salah satunya adalah netizen bernama Predirick B Valenzuela yang mengunggah gambar Rhea beserta prestasinya di Facebook.

Tak hanya di Filipina, kisah Rhea pun menyebar hingga ke seluruh Asia, dan menarik perhatian Jeff Cariaso, mantan pemain basket.

Pria yang kini menjadi pelatih Alaska Aces itu kemudian mencoba menanyakan bagaimana menghubungi Rhea dan pelatihnya.

Begitu terhubung, Cariaso segera menarik raksasa apparel Nike, sehingga Rhea dan teman-temannya bisa mendapat sepatu lari yang layak.

Ini bukan kali pertama ada yang menjadi viral karena mampu menorehkan penghargaan lari meski tidak mengenakan sepatu.

Pada 2017, Maria Lorena Ramirez dari Meksiko memenangkan ultramaraton sejauh 50 km hanya dengan sandal karet dan rok. ***