PEKANBARU - Ketersediaan blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, Riau sudah kembali normal setelah sempat kosong di Desember 2022 lalu.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita menyebutkan, di awal Januari kemarin pihaknya telah menerima sebanyak 8 ribu blangko e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Awal tahun ini, untuk pengambilan pertama, Alhamdulillah kita dapat 4 ribu. Kemudian disusul 4 ribu lagi, berarti total ada 8 ribu," ungkapnya, Selasa (10/1/2023).

Disampaikan Irma, stok blangko yang tersedia tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 20 hari mengingat kemampuan cetak e-KTP hanya sekitar 400 keping per hari.

"Kalau cetak ini tergantung kemampuan mesin, melihat jumlah personel, kemudian jam kerja. Kalau saat ini, kita bisa 400-san se-hari. Kalau dipaksa sebenarnya bisa lebih dari itu, tapi kasian mesinnya. Kalau dipaksa, takutnya ngadat," ujar Irma.

Sementara untuk memastikan stok blangko tetap tersedia, lanjut dia, pihaknya kini tengah bersiap mengajukan kembali permintaan blangko tambahan ke Kemendagri.

"Kita selalu ajukan 20 ribu, namun biasanya yang dikabulkan sekitar 14 ribu keping. Jadi sekarang kita bersiap mengajukan kembali," tutupnya. ***