JAKARTA - Video yang menunjukkan seekor berwajah seperti manusia viral di media sosial. Ikan berwajah mirip manusia itu dikabarkan muncul di permukaan salah satu danau di China.

Dikutip dari detik.com yang melansirdari mirror, ikan berwajah manusia itu direkam oleh seorang pengunjung dan terlihat berenang ke tepi danau dan menjulurkan kepalanya ke atas permukaan. Ukuran tubuhnya juga cukup besar.

Pada wajah ikan tersebut, terdapat titik-titik gelap seperti dua mata. Bukan hanya itu, terdapat dua garis vertikal yang menyerupai sisi hidung pada wajahnya dan satu garis horizontal menyerupai mulut.

''Ikan itu berubah menjadi peri,'' teriak seorang wanita dalam video yang tersebar dalam Twitter itu.

Kebanyakan warga justru ketakutan karena melihat ikan berwajah manusia itu. Bahkan tidak sedikit yang menyebutnya alien dan Voldemort, tokoh menyeramkan dalam film Harry Potter.

''Ini menyeramkan. Siapa yang berani memakannya?'' tulis warganet.

Namun, penampakan wajah manusia dalam benda atau makhluk lain itu kerap terjadi. Fenomena itu disebut pareidolia, yaitu fenomena psikologi ini membuat otak menginterpretasikan penampakan benda-benda dengan komposisi tertentu jadi terlihat seperti wajah manusia.

Salah satu penelitian menyebut bahwa perempuan dan kelompok religius lebih sering mengalami fenomena ini. Demikian juga orang-orang dengan mood yang cenderung negatif, juga lebih sering melihat penampakan wajah-wajah manusia.

Bukan hanya pada makhluk hidup selain manusia, fenomena pareidolia ini bisa muncul pada benda-benda di kehidupan sehari-hari, misalnya mobil, minuman, bahkan handuk yang digantung.***