BENGKALIS - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengahdiri pengukuhan pengurus Ikatan Keluarga Rokan Hilir (IKROHIL) Duri masa bakti periode 2022-2027.

Pelantikan itu dilaksanakan di Hotel Surya Duri, Jalan Jendral Sudirman, Balai Makam, Duri, Kecamanatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, pada Sabtu (7/1/2023).

Dalam kesempatannya, Gubri Syamsuar salut terhadap cerita sejarah yang luar biasa dari masyarakat Rokan Hilir. Oleh karena itulah dia berpesan bahwa warga Rohil terus menjaga solidaritas dimanapun dan kapanpun itu.

“Saya tadi mendengar cerita sejarah ini sangat luar biasa perjuangannya dan saya tau juga di Duri dan sekitar sini banyak orang Rohil. Karena itulah suasana seperti ini kita perlu menjaga solidaritas,” katanya.

Dijelaskan dia, kekompakan itu sangat perlu dijaga, kalau ada perbedaan pendapat itu biasa tapi jangan sampai merugikan kekeluargaan satu dengan yang lainnya. Sebab asal usul tempat kelahiran itu tidak bisa dirubah, jika sudah lahir di Rokan Hilir tandanya itu keluarga.

“Jadi artinya kalau ada sesuatu yang menyangkut kepentingan pribadi itu kita kepinggirkan dulu, jika sudah di unsur kemasyarakatan ini disisihkan dulu hal lainnya karena kita perlu menjaga kekompakan kita,” jelasnya.

“Karena kita sama-sama orang Rohil, kalau bukan kita siapa lagi yang membesarkan nama Rohil. Kita ingin bagaimana agar selalu besar, kompak, bekerja sama dan saling isi mengisi,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua IKROHIL Duri yang baru dilantik, Sanusi menerangkan memang proses kepengurusan Ikatan Keluarga Rokan Hilir Duri 2022-2027 ini agak sedikit ada dinamikanya di tengah-tengah masyarakat Rokan Hilir.

Tapi yang jelas eksistensi IKROHIL Duri yang sudah lebih kurang 17 tahun ada di Duri ini selalu memberikan kontribusi kepada seluruh masyarakat disini.

“Eksistensi itu telah kami buktikan ya mungkin saya sudah banyak bercerita, kami di sini sangat kompak sekali," ujarnya

"Kalau dilihat dari semua aspek kehidupan sosial masyarakat Rokan Hilir yang ada di Duri ini, mungkin sedikit bisa diberikan gambaran, pertama dari aspek sosiologis dan pendidikan untuk masyakat Rokan Hilir yang ada di Duri ini, ada lima orang para pemuda-pemudi kita yang mendapatkan gelar doktor,” terangnya.

Kemudian, Sanusi juga mengungkapkan, bagi masyarakat Rokan Hilir yang ada Duri ini juga memiliki banyak aktivitas sebagai pengajar dan tenga pendidik. Jenjang pendidikan masyarakat Rohil yang ada di kota Duri ini terbilang aktif serta pada bidang seni dan budaya juga aktif.

Lebih lanjut, dirinya juga berharap pada seluruh pengurus untuk tetap eksis dan memberikan kontribusi-kontribusi besar terhadap masyarakat Rohil yang ada di kabupaten Bengkalis.

“Saya berharap kepada kita semua jaga solidaritas kita untuk memberikan eksistensi bisa memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat yang ada di Kabupaten Bengkalis ini. Jangan sampai kita terpecah belah," pungkasnya. ***