RENGAT – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyerahkan bantuan rumah layak huni kepada masyarakat di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Penyerahan bantuan rumah layak huni ini dilakukan Gubri saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Inhu, Jumat (13/1/2023).

Pada kesempatan tersebut, terdapat lima kepala keluarga yang menerima bantuan rumah layak huni, yakni diantaranya, Amry, Anton, Lenawati, Mariani dan Jon Hendri.

Gubri mengucapkan selamat kepada masyarakat yang telah terpilih sebagai penerima bantuan itu. Ia berharap rumah itu dapat dijaga dan dimanfaatkan dengan baik.

"Kami harapan kepada masyarakat yang hari ini telah mendapatkan rumah, tolong dijaga dengan baik dan dipelihara dengan baik," ucapnya.

Syamsuar menerangkan, tahun 2019 lalu rumah layak huni dibangun oleh pemerintah provinsi. Akan tetapi tahun 2020 lalu ada perubahan regulasi, sehingga bantuan rumah layak huni dibangun oleh pemerintah kabupaten, namun pembiayaannya dari provinsi.

"Rumah layak huni ini pembiayaannya dengan dana provinsi tapi yang membangun pemerintah kabupaten. Alhamdulillah tahun ini masih ada (pembangunan rumah layak huni)," sebutnya.

Mantan Bupati Siak ini mengaku, warga yang diberikan bantuan rumah ini adalah warga yang membutuhkan, masuk dalam kategori miskin dan belum mempunyai rumah.

Ia menjelaskan, masih banyak warga yang membutuhkan bantuan tersebut. Karena itu, ia meminta dukungan Baznas untuk bisa membantu membangun rumah layak huni untuk masyarakat.

"Terhadap rumah layak huni ini kita juga bisa minta bantuan melalui Baznas. Baznas Riau juga banyak bantu yang tidak di anggarkan Pemprov Riau. Kami harap juga Baznas Inhu bisa berkolaborasi berapa sanggup nya membangun rumah layak huni untuk warga kita yang tidak mampu, " tutupnya. ***