JAKARTA - Kia dan Hyundai, dua pabrik mobil asal Korea Selatan, mengumumkan recall (penarikan kembali untuk diperbaiki) 533 ribu unit mobil produknya di Amerika Serikat.

Dikutip dari liputan6.com yang melansir Carscoops, Selasa (5/3/2019), kendaraan yang di-recall terdiri atas beberapa model, seperti Kia Soul, Kia Sportage dan Hyundai Tucson. Recall dilakukan karena adanya risiko kebakaran pada ruang mesin kendaraan.

Menurut Komite Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat (NHTSA), potensi kebakaran karena suhu gas buang yang cukup tinggi pada mesin Kia berkapasitas 1,6 liter milik Kia Soul. Dengan suhu gas buang yang tinggi, dapat memungkinkan beberapa partikel masuk ke ruang bakar dan membuat pembakaran mesin menjadi tidak normal.

Dengan pembakaran yang tidak normal terus terjadi, maka dapat berakibat blok mesin patah dan menimbulkan kebocoran oli yang pastinya meningkatkan risiko kebakaran.

Nantinya, teknisi Kia akan meningkatkan perangkat lunak ECU terkait katalik konverter akan diganti jika menunjukkan tanda-tanda kerusakan untuk mesin yang sama.

Sementara untuk Tucson dan Sportage di-recall karena potensi kebocoran oli mesin, dan dipicu penyegelan yang tidak memadai selama perakitan. Jika hal tersebut terjadi lama, mesin akan rusak dan kemungkinan risiko kebakaran kembali meningkat.

Sementara itu, dilansir Autonews, recall ini melibatkan secara detail sebanyak 378 ribu unit Kia Soul 2012-2016 dan Kia Sportage 2011-2012 serta 155 ribu unit kendaraan Tucson 2011-2013.***