PEKANBARU - PT Bank Pembangunan Daerah Sumatra Utara (Sumut) berencana membuka kantor cabang di ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru. Niat itu disampaikan saat melakukan audensi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang diterima Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto di Ruang Rapat Sekdaprov Riau Lantai 3, Kantor Gubernur Riau, Kota Pekanbaru, Selasa (20/12/2022).

Pada kesempatannya, Direktur Utama PT Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan mengatakan, kehadirannya menemui jajaran Pemerintah Provinsi Riau dalam rangka melakukan musyawarah kepada pimpinan daerah untuk membicarakan pembukaan kantor cabang Bank Sumut di Kota Pekanbaru.

“Pertemuan kami beraudiensi ini dalam rangka rencana pembukaan kantor cabang Bank Sumut di Kota Pekanbaru. Tentunya sebagai musyawarah pimpinan daerah tingkat satu Provinsi kami harus membicarakan ini,” katanya.

Rahmat ungkapkan, audiensi tersebut seharusnya menemui Gubernur Riau Syamsuar. Namun, karena Gubri saat ini memenuhi agenda keluar kota, maka pihaknya bertemu dengan Sekdaprov Riau.

“Sebenarnya audiensi ini dilakukan bersama Pak Gubernur, tetapi Pak Gubernur lagi di luar kota, makanya kami menemui Pak Sekda. Kemarin kami sudah beraudiensi dengan Ketua DPRD Riau,” ungkapnya.

Dijelaskan dia, tujuan didirikannya BUMD Provinsi Sumatera Utara di Bumi Lancang Kuning untuk berkontribusi pada perekonomian masyarakat yang ada.

Ia menambahkan, setelah beroperasi bank tersebut pihaknya akan membantu masyarakat Riau dengan cara memberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat.

“ Tujuannya adalah yaitu bagaimana Bank Sumut nanti bisa berkontribusi juga untuk ikut memajukan perekonomian di Provinsi Riau terutama di Kota Pekanbaru. Khususnya, kepada masyarakat pelaku UKM dan pedagang kecil untuk bisa mendapatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR),” jelasnya.

Diungkapkan Dirut Bank Sumut, bahwa kredit usaha rakyat ini nantinya akan berlaku untuk peremajaan kepala sawit.

“Karena Bank Sumut sudah dipercayai oleh Pemerintah Pusat dalam rangka menyalurkan kredit usaha rakyat, termasuk juga kredit replanting peremajaan kepala sawit di Provinsi Riau.” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto yang didampingi Kepala Biro Ekonomi Provinsi Riau, Jhon Armedi Pinem serta perwakilan Bank Riau Kepri Syariah menyambut baik pertemuan tersebut.

SF Hariyanto katakan, tentunya Pemerintah Provinsi Riau mendukung setiap pihak yang datang berinvestasi. Apalagi mempunyai tujuan memberikan kontribusi dalam memajukan perekonomian masyarakat. ***