JAKARTA - Allah SWT memberikan hidayah kepada oran-orang dikehendakinya. Demikian pula ketika Allah berkehendak memberikan hidayah kepada para artis, mereka pun patuh menerimanya.

Bahkan sejumlah artis yang sebelumnya biasa menggunakan busana ketat dan terbuka, memutuskan menggunakan busana sesuai tuntutan syariat Islam, bahkan menggunakan cadar, setelah Allah memberikan hidayah kepadanya.

Dikutip dari Okezone, berikut kisah menggetarkan jiwa tentang sejumlah artis Tanah Air yang akhirnya memutuskan mengenakan cadar.

1. Umi Pipik

Momentum wafatnya Uztad Jefry Al Buchori pada 26 April 2013 meninggalkan luka mendalam bagi sang istri Pipik Dian Irawati atau lebih dikenal Umi Pipik. Butuh waktu cukup lama bagi Pipik untuk kembali menata diri dan hatinya.

Sepeninggal Uje, Pipik pun mulai melanjutkan dakwah yang telah dimulai oleh sang suami. Hingga akhirnya April 2017, sepulang dari ibadah umrah, peristiwa besar yang ia

April 2017, sepulang dari ibadah umrah, peristiwa besar yang ia alami selama umrah membuat Pipik mantap untuk mengenakan cadar. Keputusannya itu pun menjadi salah satu permintaan Uje semasa hidupnya dulu.

''Kemarin April dapat tamparan saat Umrah. Malu sama Allah, mau ibadah ke masjid susah karena banyak yang minta foto. Buat apa orang kenal saya, tapi di akhirat Allah nggak kenal saya. Saya nangis, di masjid selalu kebagian shalat di luar, sampai akhirnya shalat di Raudhah jatuh tersungkur, ada bisikan untuk bercadar,'' ujar Pipik.

2. Soraya Abdullah

Lama tak muncul di dunia hiburan Tanah Air, artis Soraya Abdullah kini kembali tampil dengan mengenakan cadar. Perceraiannya dengan dokter gigi bernama Marik Guizot membuat wanita yang dulunya dikenal sebagai artis yang kerap mempertontonkan aurat tersebut memutuskan untuk hijrah.

Kegagalannya dalam membina rumah tangga membuat wanita yang kerap disapa Aya itu mengalami depresi berat. Keluarga pun memutuskan untuk membawa Aya ke salah satu pondok pesantren di kawasan Bogor, Jawa Barat untuk menenangkan Aya.

Sejak saat itu, Aya fokus untuk memperdalam ilmu agama dan meninggalkan dunia hiburan yang telah membesarkan namanya. Di pondok pesantren itu pula Aya belajar untuk mengenakan hijab hingga akhirnya mantap bercadar.

''Saya hijrah pada 2005 dan memutuskan berhijab pada 2007. Alhamdulillah hidayah semua datang saat Ramadhan,'' ujar ibu beranak dua itu.

3. Indadari

Pengalaman spiritual yang dialami selama menjalani ibadah umrah pada 2014 lalu pun membuat artis Indadari mantap memakai cadar. Mantan istri Caisar itu mengaku ia sering digoda oleh pria saat sedang umrah. Padahal saat itu ia sedang mengandung dan selalu didampingi oleh sang suami.

''Saat umrah, saya kan sedang dalam keadaan hamil. Kami juga rombongan di sana. Yang wanita tidak hanya saya. Ada wanita-wanita lain yang malah masih single. Tapi, kok saya yang sudah bersuami dan jelas-jelas kelihatan perutnya buncit, sedang hamil, malah digoda orang. Rasanya, kan tidak enak,'' tutur Inda.

Kejadian tersebut menurutnya memang cukup janggal. Sepulang dari umrah, Inda pun memikirkan untuk memakai cadar agar kecantikannya dapat terjaga dan hanya sang suami saja yang bisa menikmatinya.

''Saya bilang, biarlah kecantikan ini hanya milik Ayah saja. Caisar sempat bimbang. Akhirnya dia bilang enggak apa-apa pakai cadar saja kalau saya memang merasa lebih nyaman seperti itu,'' cerita Inda.

4. Peggy Melati Sukma

Berbagai masalah dan cobaan yang menimpa artis Peggy Melati Sukma menjadikan ia sosok yang lebih religius. Segala kesuksesan yang telah ia dapatkan selama 21 tahun perjalanan kariernya di dunia hiburan tiba-tiba sirna begitu saja. Tak ayal hal tersebut membuat wanita kelahiran Cirebon ini merasa terpukul.

''Tiga tahun saya mengalami keterbalikan kesuksesan yang saya raih. Keberhasilan hilang, ikhtiar saya tiba-tiba gagal dan patah begitu saja,'' ujar Peggy.

Titik balik dalam kehidupan Peggy tersebut pun membuatnya terpuruk. Peggy sempat mengasingkan diri dan kembali mencari hakikat hidup sesungguhnya dan membawanya kembali kepada Al Quran.

Peggy pun mantap untuk berhijrah mengenakan pakaian syar’i dan bercadar. Wanita berusia 41 tahun itu juga menambahkan nama Khadijah di belakang namanya usai memutuskan untuk berhijrah.***