Rabu, 20 Maret 2019
Search:           
GoRiau Logo
Opini

Hentikan Pembodohan

PEMILIHAN Umum (Pemilu) 2019 tinggal menghitung hari. Partai dan calon anggota legislatif sedang sibuk-sibuknya mengampanyekan diri dan partainya. Dari segi jumlah caleg sangat menggembirakan, walaupun ada partai yang minus caleg dan sebaliknya ada yang panen.

Memilih Kucing dalam Karung

PEMILIHAN umum 2019 sudah kian dekat. Suhu politik kian menghangat. Para calon anggota legislatif (caleg) telah menampakkan diri. Jalan-jalan protokol dan strategis penuh dihiasi alat peraga para caleg.

Aku adalah Engkau dan Engkau adalah Aku

JUDUL di atas mengingatkan kita bahwa kita adalah bersaudara, walaupun kita berbeda-beda. Kita diciptakan Allah dalam perbedaan-perbedaan, beda suku, beda agama, beda bentuk, beda kemampuan dan seterusnya.

Ingatlah Dosa

KITA awali dengan menyebut sepotong ayat Alquran (al- yatsiyah 5): ''Siapa yang mengerjakan amal saleh, pahala baginya. Siapa yang berbuat dosa, ia akan menanggung resikonya''. Itulah dasar kita mengangkat judul ini dalam sebuah tulisan.

Masih Adakah Etika dalam Perpolitikan Kita?

PERADABAN adalah salah satu persoaan penting setiap bangsa, termasuk Indonesia. Ironinya bangsa yang mengklaim diri sebagai berbudaya luhur warisan nenek moyang ini tengah menderita sakit parah peradaban.

Opini

Generasi Krisis Moral

Generasi Krisis Moral
PEWARIS Indonesia, begitulah gambaran generasi muda sebagai pewaris tahta keberlangsungan negara Indonesia yang tercinta ini.

Sastra Era Millenial: Selangkah Lagi Menuju Sastra Dunia?

Sastra Era Millenial: Selangkah Lagi Menuju Sastra Dunia?
DIMANAKAH posisi sastra Indonesia dalam bentangan peta sastra dunia?

Opini

Signature Bonus dan Komitmen Fee di Industri Migas

Signature Bonus dan Komitmen Fee di Industri Migas

INDUSTRI migas memiliki ciri khas diantaranya adalah high risk, high cost, and high technology. Dengan demikian industry migas menjadi ekslusif dibandingkan industry lainnya. Sehingga para pemain di industri migas adalah pemilik modal yang harus memiliki financial yang cukup kuat. Walaupun industry migas menjadi salah satu industri yang memiliki resiko tinggi masih sangat banyak pemain yang bergelut untuk meraup keuntungan dari bisnis emas hitam ini.

Saran buat Para Caleg

SALAH satu pilar demokrasi dalam berbangsa di negeri kita adalah lembaga legislatif. Lembaga yang seharusnya dihuni oleh orang-orang cerdas, bermoral dan selalu pro rakyat. Mereka adalah pejuang rakyat, penampung aspirasi serta jembatan antara pemerintah dan rakyat. Jelas tugas mereka sangat mulia dan tidak main-main.

Indonesia Berduka Lagi

BENCANA gempa berulang terjadi. Baru saja di Lombok dan sekitarnya yang masih menyisakan kehidupan pengungsi di tenda darurat dan memakan korban begitu banyak. Jumat pekan lalu 28 September, berlaku pula kehendak Allah, sebuah gempa dahsyat berkekuatan 7,4 SR mengguncang Sulawesi Tengah, yang memakan korban jiwa dan materil begitu banyak.

Nilai Lokal Tidak Ditransformasi Penyebab Kegagalan Pembangunan

Nilai Lokal Tidak Ditransformasi Penyebab Kegagalan Pembangunan

Kebudayaan bagian penting dalam proses pembangunan baik fisik terlebih kepada pembangunan manusia (human development). Kebudayaan terkait persoalan karakter dan mental manusia yang jadi salah satu penentu keberhasilan pembangunan.

Adakah Kepantasan dalam Panggung Politik?

Adakah Kepantasan dalam Panggung Politik?
SEBAGAI rakyat kecil, bisakah kita menerima seorang pemimpin berstatus terpidana? Relakah kita diwakili seorang yang oleh hukum dijatuhi sanksi lantaran didakwa korupsi? Mampukah bangsa kita menerima kenyataan sebagai sebuah takdir kebangsaan, dimana anak cucu kita kelak akan mencatat sejarah bahwa bangsa ini pernah diwakili oleh terpidana?

Opini

Remaja Kurang Minang

Remaja Kurang Minang

DI era globalisasi, pemeliharaan budaya Minangkabau nampaknya menjadi sebuah tantangan tersendiri. Proses globalisasi dianggap memiliki berbagai dampak baik positif maupun negatif, dari segi positif memiliki dampak yang dapat membantu manusia untuk dapat berkomunikasi secara lebih cepat dengan jangkauan yang luas dengan menawarkan berbagai kemudahan dibidang teknologi informasi komunikasi. Sedangkan proses globalisasi yang westernisasi dianggap memiliki dampak negatif bagi banyak orang. Westernisasi atau yang biasa kita kenal dengan gaya kebarat-baratan ini merupakan pendifusian nilai-nilai barat tersebut kedalam nilai-nilai lokal. Hal ini diindikasikan dengan mulai memudarnya budaya lokal yang lebih sesuai dengan karakter bangsa semakin sulit ditemukan, sementara budaya global kebarat-baratan lebih mudah membaur seiring kemajuan tekhnologi media komunikasi.

Advokasi Media dan Relevansi Zaman

Advokasi Media dan Relevansi Zaman
MARI kita andaikan UU Pers tak ada lagi.  Beberapa media mungkin menjadi korban karena bekerja tanpa perlindungan. Tapi setidaknya kita memperkecil ruang bagi industri media partisan untuk bersembunyi di balik ''kebebasan pers''. 

Aktivis Islam Berpolitik; Sebuah Dilema

JUDUL tulisan ini sangat relevan dengan situasi sekarang, di mana sebentar lagi kita akan melaksanakan Pemilu presiden dan wakil presiden sekaligus Pemilu calon anggota legislatif secara serentak.

Sudahkah Kita Syukuri Nikmat Kemerdekaan?

KITA awali dengan sebuah ayat: ''Jika kalian bersyukur, niscaya akan Aku tambah nikmat-Ku, jika kalian kufur, maka azab-Ku sangatlah berat'',(QS. Ibrahim: 7).

Opini

Hak Partisipasi Interes 10% BUMD Dalam Pengelolan Migas di Riau

ADA suatu masa ketika industri migas di Indonesia sangat berjaya. Saat itu Indonesia masih menjadi net eksportir migas dengan produksi minyak di atas 1 juta barrel per hari. Ketika itu harga minyak sangat tinggi sedangkan lapangan migas raksasa masih mudah ditemukan, tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk eksplorasi. Namun sayangnya di masa itu hampir semua hasilnya disedot oleh Pemerintah Pusat, daerah penghasil hanya melihat tanpa bisa melakukan apa-apa. Bahkan di masa itu lingkungan tempat tinggal para karyawan oil company seperti negara di dalam negara, perumahan mereka sangat megah dengan fasilitas pendidikan, kesehatan dan bahkan hiburan kelas satu namun masyarakat di sekitanya seperti tidak tersentuh, banyak yang hidupnya masih jauh di bawah garis kemiskinan.

Tulisan Bagian 4 Riau Menuntut Blok Rokan

'Pongahnya' VPCC Pertamina Membuat Rakyat Riau Mengamuk

Pongahnya VPCC Pertamina Membuat Rakyat Riau Mengamuk
RENCANA pengembangan lapangan yang pertama kali akan diproduksikan dalam suatu Wilayah Kerja wajib mendapatkan persetujuan Menteri berdasarkan pertimbangan dari Badan Pelaksana dan setelah berkonsultasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi yang bersangkutan . Begitulah secara tegas bunyi pasal 21 ayat 1 Undang- undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi yang diundangkan pada masa Presiden Megawati.
Jumat, 03 Agustus 2018 08:58 WIB
Mengawal Pancung Alas (tak) Terlepas
Kamis, 02 Agustus 2018 10:13 WIB
Pemerintah Tidak Menganggap Riau Ada
wwwwww