Jumat, 24 Januari 2020
Search:           
GoRiau Logo
Opini

Susahnya Berkomunikasi Melalui Handphone

KITA tahu bahwa kita sedang berada pada abad komunikasi, dimana komunikasi itu intinya informasi dan informasi intinya adalah peluang-peluang. Begitu cepat berlangsungnya proses komunikasi tersebut, tidak mengenal batas wilayah maupun negara.

Berbudi pada Bumi

''MUNGKIN Tuhan Mulai Bosan, Melihat Tingkah Kita, yang Selalu Salah dan Bangga dengan Dosa-dosa, atau Alam Mulai Enggan Bersahabat dengan Kita, Coba Kita Bertanya pada Rumput yang Bergoyang''.

Opini

Pilbup Kuansing 2020: Ini 4 Fakta dari Proses Pendaftaran di Partai Politik

Pilbup Kuansing 2020: Ini 4 Fakta dari Proses Pendaftaran di Partai Politik

PEMILIHAN bupati dan wakil bupati Kuantan Singingi tahun 2020 semakin menarik untuk diikuti. Nama-nama calon bupati dan calon wakil bupati yang sudah bermunculan di berbagai media dan menjadi perbincangan di tengah masyarakat. Nama-nama lama dalam perpolitikan Kuansing masih mendominasi. Walau ada juga nama-nama baru yang muncul dalam persaingan menuju kursi Kuansing 1.

Sejahterakah Nelayan Kita?

RIAU merupakan provinsi yang kaya sumber daya alam, tidak terkecuali pada sub sektor perikanan. Wilayah Riau yang banyak dialiri sungai dan laut menjadikan setiap wilayah di Riau memiliki potensi perikanan yang sangat tinggi.

Kok Lupa Dosa?

SEBAGAI umat beragama tentu tak asing lagi dengan kata dosa, yaitu melakukan sesuatu yang dilarang oleh syariat Islam atau meninggalkan suatu perbuatan yang diperintahkan syariat Islam (Ensiklopedi Hukum Islam).

Saya Kira, Saya Rasa dan Saya Pikir

SUDAH lama saya ingin menulis judul di atas yang menjadi uneg-uneg saya. Saya belum percaya diri sebelum bersua dengan pakar bahasa Indonesia untuk dikonsultasikan.

UMK dan Indonesia Maju

TEMA SDM Unggul Indonesia Maju dalam HUT ke-74 RI masih menggema hingga kini. Menyongsong Indonesia Maju memang sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas, akan tetapi berbicara Indonesia Maju memiliki arti bahwa pondasi ekonomi kita haruslah kuat dan tumbuh di semua lini usaha, salah satunya adalah Usaha Mikro Kecil (UMK).

Pendidikan Politik Masyarakat Menuju Kuansing 2020

Pendidikan Politik Masyarakat Menuju Kuansing 2020
TINGGAL hitungan bulan Pilkada serentak akan dihelat di 270 kabupaten/kota di Indonesia dan dari 270 kabupaten / kota yang ada salah satunya yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah adalah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Refleksi 20 Tahun Kabupaten Kuantan Singingi

Refleksi 20 Tahun Kabupaten Kuantan Singingi
MEMASUKI usianya yang ke-20, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sudah membuktikan diri dapat sejajar dengan daerah lainnya. Walaupun PAD dan APBD kecil pembangunan infrastruktur terlihat jelas oleh mata kita.

Sumpah di Bawah Asap

ADA yang berbeda pada hari Jumat pagi, tanggal 6 September 2019. Anak sekolah setingkat SD seperti Syifa dan Dimas pun ikutan berkomentar, ''wuihhh…. Banyak betul papan bunganya ya!''

Lengkaplah Elit Partai Islam Tersandung

KITA tahu partai yang lolos ke parlemen (DPR) ada 9 partai, 4 diantaranya partai Islam atau berbasis umat Islam. Partai tersebut yaitu PKS, PPP, PKB dan PAN. Kita tahu pula bahwa elit partai Islam pertama tersandung pidana, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dimana Ketum-nya tersandung.

Asap Pilu Riau, Rencana atau Bencana?

Asap Pilu Riau, Rencana atau Bencana?

KEBAKARAN hutan dan lahan di Provinsi Riau seolah menjadi isu tahunan. Terhitung sejak tahun 1998 hingga sekarang masalah tersebut tak kunjung usai. Ekspansi perkebunan kelapa sawit dengan cara yang tidak bijak menjadi penyebab kebakaran hutan dan lahan. Kebakaran hutan dan lahan marak terjadi di tanah gambut pada kedalaman tertentu yang cenderung kering akan mudah terbakar. Tanah gambut di Provinsi Riau merupakan lapisan terdalam di dunia yang mencapai 16 meter (Mubekti, 2017). Kedalaman tersebut menyebabkan api yang menjalar hingga permukaan tanah sulit untuk dideteksi dan dipadamkan.

Asap Riau Duka Masyarakat Serantau

SUATU pagi, di saat anak-anak yang lain mungkin masih terlelap dalam tidur dan mungkin sedang menikmati mimpi indahnya, Syifa dan Dimas telah bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah. Namun saat membuka pintu, sontak keduanya menyeletuk dan bertanya, ''Pa, ini bau apa ya, Pa? Kok di hidung terasa sengak dan bau?''.

Arus Migrasi ke Riau Cukup Tinggi, Peluang atau Masalah?

MIGRASI merupakan salah satu faktor yang memengaruhi dinamika penduduk. Pola migrasi yang cenderung menuju daerah perkotaan mengakibatkan tingginya tingkat pengangguran di perkotaan di wilayah Indonesia, tidak terkecuali di Provinsi Riau. Bahkan, fenomena angka pengangguran di Provinsi Riau besarnya dua kali lipat dibanding angka penggangguran di pedesaan.

Penilaian Kompetensi, Menghambat atau Membantu Kebijakan Penguasa?

Penilaian Kompetensi, Menghambat atau Membantu Kebijakan Penguasa?
SUDAH menjadi rahasia umum dalam kontestasi politik ada harga yang harus dibayar sebelum berperang, dan ada utang yang harus dibayar setelah menang.

Mencari Pemimpin Ideal di Pilkada Serentak

INSYA ALLAH di tahun 2020 mendatang ada sejumlah sembilan kabupaten/kota di Provinsi Riau dan ratusan daerah lain di Indonesia akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. Tujuannya untuk memilih calon pemimpin daerah yang telah diusung koalisi partai politik.

Kisah Nenek Sahnun dan Memudarnya Modal Sosial Kita

SEORANG nenek pemulung berusia 60 tahun di Mataram, Nusa Tenggara Barat, membuat publik terharu dengan kebaikan hatinya.

Fenomena Hijrah dan Usaha EO Generasi Milenial

Fenomena Hijrah dan Usaha EO Generasi Milenial
SALAH satu ciri masyarakat era revolusi industri 4.0 adalah menginginkan sesuatu dengan instant tanpa repot. Begitu juga dalam hal penyelenggaraan acara. Oleh sebab itu, usaha event organizer (EO) menjadi salah satu usaha yang menjanjikan saat ini.
Senin, 05 Agustus 2019 11:07 WIB
Peci Hitam Masihkah Ada?
Senin, 05 Agustus 2019 10:19 WIB
Harga Cabai Merah yang Semakin Pedas
wwwwww