SELATPANJANG, GORIAU.COM - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, Rabu (5/11/2014) pagi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti di Jalan Dorak Selatpanjang. Kondisi RSUD itupun akhirnya dibuka secara terang-terangan oleh orang nomor satu di Kepulauan Meranti.


''Dari luar kondisi RSUD kita sudah oke dan bagus. Tapi didalamnya masih hancur dan tidak terawat," sebut Bupati Irwan usai berkeliling melihat kondisi RSUD kepada sejumlah wartawan.


H Irwan pun melakukan pengecekan ke sejumlah ruangan didalamnya. Termasuk memastikan kondisi air dan berbagai fasilitas pendukung yang ada di lingkungan RSUD.


Menurutnya interior RSUD harus diperbaiki. Ruangan harus lebih bersih. Termasuk air di RSUD juga harus bersih. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan terbaik.


Kata H Irwan pula, kondisi kamar inap cukup memprihatinkan. Langit-langit kamar banyak yang berlobang, saluran air di wc rusak dan lainnya. Bahkan tempat tidur pasien banyak yang juga rusak. Cat mengelupas. Hal ini juga yang membuat Bupati Irwan meminta agar dapat diperbaiki segera.


"Dindingnya bisa dipasang walpaper, dan seluruh yang rusak dapat diperbaiki segera," sebut Irwan kepada Direktur RSUD drg Ruswita. Alasan itu juga yang membuta orang nomor satu di Kepulauan Meranti sering mengganti direktur RSUD Kepulauan Meranti itu.


Menurut Bupati hal itu juga yang membuat masyarakat belum merasakan pelayanan maksimal dari RSUD. Hal itu ditunjukkan dengan alokasi anggaran untuk operasional RSUD sebesar Rp 24 miliyar belum maksimal. Sebab Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang didapatkan dari RSUD baru sekitar 10 persennya saja. (zal)

https://www.goriau.com/assets/imgbank/10112014/1jpg-1589.jpg
Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, berdialog dengan Direktur RSUD Kepulauan Meranti drg Ruswita dan Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti Suwandi, saat melakukan sidak di RSUD.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/10112014/2jpg-1590.jpg
Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, bertemu dengan salah seorang keluarga pasien di RSUD Kepulauan Meranti dan melakukan percakapan singkat.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/10112014/3jpg-1591.jpg
Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, mulai melihat semua ruangan di RSUD Kepulauan Meranti.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/10112014/4jpg-1592.jpg
Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, saat berada di salah satu ruang RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/10112014/5jpg-1593.jpg
Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, menunjukkan plafon RSUD dalam keadaan rusak parah.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/10112014/6jpg-1594.jpg
Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, usai mengecek air dan peralatan lain di dalam ruangan RSUD Kepulauan Meranti.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/10112014/7jpg-1595.jpg
Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, saat melihat salah seorang pasien yang dirawat di RSUD Kepulauan Meranti.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/10112014/8jpg-1596.jpg
Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, juga melakukan peninjauan di luar ruangan (halaman, red) RSUD Kepulauan Meranti.

Narasi: Safrizal
Foto-foto: Humas Setdakab Kepulauan Meranti