RENGAT, GORIAU.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman membuka secara resmi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Riau tahun 2014 di Kabupaten Inhu. Pembukaan event olahraga terbesar di Provinsi Riau tersebut dilaksanakan di Stadion Narasinga Rengat, Sabtu (18/10) malam.


Hadir pada pembukaan Porprov VIII Riau tersebut sejumlah kepala daerah diantaranya Bupati Inhil HM Wardan, Bupati Bengkalis Herliyan Saleh, Bupati Pelalawan HM Haris, Bupati Siak Syamsuar, Ketua KONI Riau H Emrizal Pakis, Mantan Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, pejabat di Provinsi Riau, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh olahraga serta Bupati dari Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.


Pembukaan Porprov VIII Riau 2014 di meriahkan dengan penampilan tarian massal berjudul Rentak Tuah Negeri yang dibawakan 650 pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Inhu. Tarian ini merupakan ide Bupati Inhu H Yopi Arianto SE yang mengungkapkan tentang kegembiraan masyarakat Inhu dalam menyambut Porprov VIII Riau serta menggambarkan tentang adat istiadat masyarakat Inhu yang di tata sedemikian rupa dengan permainan sinar laset yang sangat apik.


Selain tarian, Rentak Tuah Negeri juga membuat sejumlah konfigurasi Porprov VIII Riau, lima lingkaran yang merupakan lambang Koni serta Inhu Sejahtera yang menjadi visi Kabupaten Inhu dibawah kepemimpinan Bupati H Yopi Arianto SE. Tari dengan durasi hampir satu jam ini mampu membuat ribuan masyarakat yang hadir di Stadion Narasinga Rengat berdecak kagum.

Ads

Selain tarian massal Rentak Tuah Negeri, pembukaan Porprov VIII Riau juga dimeriahkan dengan penampilan tarian persembahan massal, parade kontingan dari seluruh kabupaten/kota di Riau serta atraksi budaya dari berbagai etnis di Kabupaten Inhu.


Plt Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman mengatakan seluruh atlet sebagai duta pilihan dari masing-masing daerahnya. Selain ajang merebut medali, Porprov juga menjadi ajang silaturahmi. Karena itu, ia berharap seluruh atlet, pelatih dan official dapat menjunjung tinggi sportivitas. “Semoga Porprov VIII Riau ini mampu menghasilkan atlet-atlet berpotensi untuk mengharumkan nama Riau di kancah nasional bahkan internasional,” harapnya.


Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE berharap kepada seluruh pihak agar mendukung pelaksanaan Porprov VIII Riau di Kabupaten Inhu hingga selesai. “Pemkab Inhu memberikan apresiasi kepada Pemprov Riau yang telah mendukung penuh kegiatan ini. Kita berharap hubungan antar atlet dan seluruh olahragawan serta pemerintah kabupaten/kota bisa terjalin dengan baik melalui event olahraga ini,” harapnya. ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20102014/1jpg-1490.jpg
Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Bupati Inhu H Yopi Arianto SE naik becak dari kediaman dinas Bupati Inhu menuju Stadion Narasinga Rengat untuk pembukaan Porprov VIII Riau.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20102014/2jpg-1491.jpg
Tarian massal Rentak Tuah Negeri memeriahkan pembukaan Porprov VIII Riau dipadu dengan kilauan sinar laser (foto master).

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20102014/3jpg-1492.jpg
Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (tiga dari kanan), Bupati Inhu H Yopi Arianto SE, Mantan Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit, Ketua KONI Riau H Emrizal Pakis (paling kanan), Ketua DPRD Inhu Sementara H Samsudin, Wakil Bupati Inhu H Harman Harmaini SH MM, Sekda Inhu Drs Raja Erisman MSi.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20102014/4jpg-1493.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE saat menyampaikan laporan pada pembukaan Porprov VIII Riau.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20102014/5jpg-1494.jpg
Plt Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Porprov VIII Riau.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20102014/6jpg-1495.jpg
Plt Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE, Ketua KONI Riau H Emrizal Pakis dan sejumlah kepala daerah di Riau melambaikan tangan kepada atlet dan masyarakat yang hadir pada pembukaan Porprov VIII Riau.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20102014/7jpg-1496.jpg
Ikan Patin yang menjadi Maskot Porprov VIII Riau 2014 di Kabupaten Inhu.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20102014/8jpg-1497.jpg
Salah satu penampilan tarian massal Rentak Tuah Negeri.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20102014/9jpg-1498.jpg
Pengibaran bendera Porprov VIII Riau 2014 di Kabupaten Inhu.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20102014/10jpg-1499.jpg
Pembacaan janji wasit dan atlet Porprov VIII Riau 2014.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20102014/11jpg-1500.jpg
Kontingen Kabupaten Inhu saat melampaikan tangan saat melintas di tribun utama Stadion Narasinga Rengat.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20102014/12jpg-1501.jpg
Asisten Administrasi Setda Inhu H Agus Rianto SH menaiki Singa Barong saat pembukaan Porprov VIII Riau.

Narasi: Jefri Hadi
Foto-foto: Humas Setdakab Indragiri Hulu