BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir, Suyatno, tidak menafikan bahwa peran BUMD sangat strategis dalam upaya menaikkan sumber penerimaan asli daerah. Untuk itu dia berharap, orang yang duduk di posisi Direksi BUMD haruslah berjiwa entrepreneurship.

"Tidak lama lagi ada jabatan Direksi BUMD akan berakhir.  Pemerintah akan berupaya mencari pengganti yang muda bertalenta serta berjiwa wirausaha," kata Suyatno dalam acara Rapat Koordinasi dan Evaluasi Instansi Pengelolaan Pendapatan Asli Daerah Tahun Anggaran 2016 di Gedung Serbaguna, Bagansiapiapi, Kamis (10/3/2016).

Suyatno mengungkapkan,  pemerintah sangat terpukul dengan anjloknya dana bagi hasil minyak yang diterima Rohil.  Untuk itu, pemerintah tidak bisa berharap sepenuhnya dengan DBH. Perlu langkah konkrit untuk mencari sumber PAD lain yang sah. Menurutnya, masih banyak potensi yang bisa dikelola untuk meningkatkan PAD apalagi Rokan Hilir memiliki potensi yang tidak kalahnya dengan daerah lain yang bersumber dari sektor Minerba dan pariwisata.

Suyatno juga mengingatkan, sektor penerimaan pajak bumi dan bangunan juga belum digarap secara maksimal. Bahkan ada juga wajib pajak yang sama sekali tidak menyetor. Untuk itu, dia berharap, kedepan seluruh potensi baik SDM maupun SDA harus digerakkan agar tidak ada lagi pengangguran dan anak putus sekolah.(amr)

Ads