BUKITTINGGI  - Selama 2 hari mendatang, sekitar seratusan fotografer se-Indonesia akan melakukan hunting atau berburu foto beramai-ramai di kawasan Tabing Takurung Taruko Lembah Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam, Sabtu 5 Desember 2015 hingga 6 Desember 2015.

“Iven ini adalah Hunting Akbar Micro Nasional (HAMN) tahun 2015, yang panitia pelaksana kali ini berasal dari komunitas fotografer yang tergabung dalam Kik Tinggi Photografi (KTP). Ini adalah iven nasional, dan kebetulan tahun ini tuan rumahnya adalah Bukittinggi,”ujar Ketua Pelaksana, Rahmad Aryal, Jumat 4 Desember 2015.

Rahmad Aryal mengatakan, iven HAMN tersebut merupakan kegiatan yang ketiga dilaksanakan secara nasional sejak tahun 2013 lalu. Iven HAMN pertama menurutnya dilaksanakan pada tahun 2013 di Palangkaraya, kemudian iven kedua dilaksanakan tahun 2014 di Kalimantan dan tahun 2015 di Bukittinggi.

Kawasan Taruko ini sering menjadi incaran para fotografer, karena disana ada seonggok bukit kecil yang unik, yang dikelilingi oleh tebing Ngarai Sianok. Di bawahnya ada aliran sungai yang tidak terlalu deras, yang menjadi penambah daya pikat bukit tersebut. Bagi warga setempat, bukit itu dinamakan Bukik Takuruang yang Bahasa Indonesianya berarti Bukit Terkurung.

Ads
Kawasan Taruko terletak antara perbatasan Kota Bukittinggi dengan Kabupaten Agam. Jika naik kendaraan, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dari kawasan Jam Gadang menuju lokasi tersebut.

Sementara H.Mirza Taher selaku pembina Kik Tinggi Photografi menyambut baik iven tersebut sekaligus memberikan apresiasi bagi komunitas Kik Tinggi Photografi, karena baru berusia tiga tahun sudah mendapatkan kepercayaan menggelar iven nasional.

Menurut Mirza kegiatan itu sangat bermamfaat bagi kota Bukittinggi, selain dapat menambah pengalaman bagi generasi muda khususnya yang menggeluti hobi menjepret dan mendokumentasikan alam juga akan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi dunia pariwisata di Kota Bukittinggi. ***