PEKANBARU, GORIAU.COM - Riau mendapatkan kehormatan dengan kedatangan Presiden, Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungannya ke Bumi Lancang Kuning, Rabu (26/11/2014). Kedatangan Jokowi merupakan rangkaian dari kunjungan kerjanya ke Pulau Sumatera.


Sebelum ke Riau, Presiden sudah lebih dahulu menyambangi Lampung dan Bengkulu. Fokus utama blusukan Presiden Jokowi di Riau adalah untuk mengatasi masalah kebakaran lahan dan hutan yang kerap menimbulkan bencana asap selama 17 tahun terakhir.


Kedatangan Presiden di VIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II langsung disambut Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri), H Arsyadjuliandi Rachman. Turut hadir Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri ESDM dan Menteri Sosial.


Jokowi mendarat di VIP Lancang Kuning SSK II pukul 13.30 WIB menggunakan Pesawat Kepresidenan. Melakukan pertemuan singkat dengan Plt Gubernur Riau, Kapolda Riau, Danrem 031/WB dan Forkopimda Riau, Jokowi akhirnya bertolak ke Sungai Tohor, Kabupaten Kepulauan Meranti menggunakan Helikopter Super Puma.

Ads

Namun baru sampai di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), helikopter yang ditumpangi Presiden memutuskan untuk kembali ke Pekanbaru. Cuaca yang buruk membuat Presiden tidak bisa melakukan kunjungan pada hari itu.


Sampai di VIP Lancang Kuning, Presiden bersama Plt Gubernur Riau dan pihak terkait memutuskan untuk melakukan pertemuan dan rapat kecil. Alhasil, Presiden memutuskan untuk bermalam di Pekanbaru, Riau, Rabu (26/12/2014).


Kemudian Kamis (27/12/2014) Presiden kembali melanjutkan tujuan utama ke Sungai Tohor, Kepulauan Meranti. Di sana, Presiden langsung disambut Bupati dan ribuan warga Meranti. Didampingi Plt Gubernur Riau, Presiden melakukan kunjungan ke pabrik kilang sagu.


Termasuk mendirikan kanal untuk mengairi lahan gambut yang selama ini menjadi bagian dari kebakaran hutan dan lahan. Presiden menginginkan agar kanal tersebut harus tetap diaktifkan dan dikembangkan.


"Jika itu berhasil, Riau bisa menjadi contoh oleh provinsi-provinsi lainnya. Karena yang terbakar itu bukan hanya Riau, Kalimantan dan Sumatera Selatan juga," kata Presiden.


Di Meranti, Jokowi juga menyempatkan berbincang-bincang dengan warga. Mendengar aspirasi mereka, dan menerima dukungan penuh mereka untuk program Jokowi ke depan.


Presiden bersama Plt Gubernur Riau juga menyempatkan diri menyicipi Makanan Sagu yang merupakan ciri khas kabupaten tersebut. Jokowi berpesan agar makanan khas daerah bukannya hanya di Meranti, tetapi seluruh daerah di Riau harus didukung dan dikembangkan.


Karena itu dinilai berdampak terhadap ekonomi kerakyatan dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Setelah menyelesaikan kunjungan kerja, akhirnya Presiden kembali ke Pekanbaru dan bertolak ke Jakarta, Kamis (27/12/2014).


"Bapak Presiden telah melakukan kunjungan kerja ke Riau di Kepulauan Meranti. Kita mendapat pesan bahwa seluruh lahan gambut harus dibuatkan kanal air yang aktif setiap saat," kata Plt Gubernur Riau.


Menurut Presiden, kata Plt Gubernur Riau, itu solusi paling tegas yang harus dilakukan Pemprov Riau dan kabupaten/kota. Sementara mengenai perusahaan-perusahaan yang diduga terlibat dalam kebakaran hutan dan lahan di Riau, Jokowi menginstruksikan agar izinnya untuk ditinjau ulang.


"Izin perusahaan harus ditinjau kembali. Tetapi Bapak Presiden tidak mengatakan dicabut, tetapi harus ditinjau kembali," tandas Plt Gubernur Riau.‎ ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08122014/9jpg-1716.jpg
Plt Gubri dan Menhut menyambut kedatangan Presiden RI dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI ke Provinsi Riau.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08122014/6jpg-1717.jpg
Plt Gubri sambut kedatangan Presiden RI dalam rangka kunjungan kerja ke Prov Riau.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08122014/7jpg-1718.jpg
Plt Gubri sambut kedatangan Presiden RI dalam rangka kunjungan kerja ke Prov Riau.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08122014/12jpg-1719.jpg
Plt Gubri dampingi Presiden RI saat wawancara dengan awak media.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08122014/11jpg-1720.jpg
Plt Gubri beserta para bupati dan walikota se-Riau saat diberikan pengarahan oleh Presiden RI di VIP Lancang Kuning.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08122014/2jpg-1721.jpg
Presiden RI didampingi Plt Gubri, Bupati Kab Kep Meranti dan Forkopinda saat berkunjung ke Sungai Tohor Kabupaten Kepulauan Meranti.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08122014/3jpg-1722.jpg
Presiden RI didampingi Plt Gubri, Bupati Kab Kep Meranti dan Forkopinda saat berkunjung ke Sungai Tohor Kabupaten Kepulauan Meranti.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08122014/4jpg-1723.jpg
Presiden RI didampingi Plt Gubri, Bupati Kab Kep Meranti dan Forkopinda saat berdialog dengan masyarakat Sungai Tohor Kabupaten Kepulauan Meranti.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08122014/5jpg-1724.jpg
Presiden RI didampingi Plt Gubri, Bupati Kab Kep Meranti dan Forkopinda saat berdialog dengan masyarakat Sungai Tohor Kabupaten Kepulauan Meranti.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08122014/1jpg-1725.jpg
Presiden RI Joko Widodo saat berbincang dengan Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman.

Narasi: Ryan Yutri Varios
Foto-foto: Humas Pemprov Riau