SENTUL, GORIAU.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) segera mengakhiri masa tugasnya setelah 10 tahun mendapat kepercayaan menjadi orang nomor satu di negeri ini. Oleh karena itu, SBY memohon diri dan meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia jika selama memimpin masih banyak harapan dan keinginan rakyat yang belum terpenuhi.


"Satu dasawarsa saya memimpin negeri ini. Banyak kemajuan yang kita rasakan bersama dalam berbagai bidang. Namun saya hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari kekurangan. Oleh karena itu, jika selama saya memimpin, ada hal-hal yang tidak berkenan. Mungkin masih banyak harapan rakyat yang belum bisa saya wujudkan, saya mohon kiranya dimaafkan," ujar SBY saat menyampaikan pidato pada acara Silaturahim Nasional (Silatnas) Menuju Pembangunan Nasional yang Berkelanjutan di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Rabu (15/10/2014).


Kali ini SBY menyampaikan pidato relatif singkat. Namun berkali-kali mendapatkan applause dari peserta Silatnas yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Plt Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman. Bahkan di akhir pidato SBY yang disampaikan dengan penuh perasaan, SBY mendapat standing applause dari peserta Silatnas.


SBY tidak lupa meminta seluruh peserta Silatnas dan tentunya seluruh rakyat Indonesia agar mendukung pemerintahan yang baru nanti, yakni pemerintahan Jokowi-JK yang akan dilantik pada 20 Oktober mendatang. "Apa yang sudah baik dilanjutkan dan ditingkatkan lagi. Apa yang belum tercapai, upayakan secara maksimal. Saya meminta kita semua mendukung pemerintahan yang baru nanti agar berhasil dalam memimpin negeri ini," pinta SBY.

Ads

Pada kesempatan itu, SBY sempat menerima penghargaan dari Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) berupa pin dan piagam yang diserahkan langsung Ketua Umum APPSI Syahrul Yasin Limpo yang juga Gubernur Sulawesi Selatan. Sebelum menyematkan pin kepada SBY, Syahrul sempat menjelaskan kenapa APPSI memberikan penghargaan kepada SBY.


"Kita tidak bisa memungkiri, selama 10 tahun kepemimpinan Pak SBY, telah banyak kemajuan yang kita capai. Ini prestasi yang luar biasa. Tidaklah mudah memimpin negeri ini dengan cakupan wilayah yang sangat luas dan masyarakatnya yang sangat majemuk," urainya.


Syahrul juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bimbingan yang selama ini diberikan SBY. Sebagai wakil pemerintah pusat di provinsi, para gubernur merasa sangat berterima kasih kepada SBY.


Sementara itu usai acara, Plt Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman mengapresiasi pidato SBY. Andi, begitu sapaan akrabnya, menegaskan bahwa semua pihak, khususnya lagi masyarakat Riau harus mendukung pemerintahan yang baru, sesuai arahan Presiden SBY.


"Kita semua berkewajiban mendukung pemerintahan yang baru sesuai arahan Pak SBY tadi. Selain itu, kerja sama antar provinsi dan kabupaten/kota begitu juga kerja sama atau sinergi antar provinsi dengan pemerintah pusat harus kita tingkatkan agar pembangunan dapat berjalan lebih baik lagi," harap Andi.***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/05122014/1jpg-1692.jpg
Plt Gubernur Riau Hadiri Silaturahim Nasional Bersama Presiden dan Wakil Presiden RI

https://www.goriau.com/assets/imgbank/05122014/2jpg-1693.jpg
Plt Gubri H Arsyadjuliandi Rachman dampingi Presiden Jokowi usai hadiri Rakornas Gubernur Kapolda dan Kabinda se Indonesia dengan Kabinet Kerja di Jakarta.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/05122014/3jpg-1694.jpg
Plt Gubri H Arsyadjuliandi Rachman hadiri Rakornas Gubernur Kapolda dan Kabinda se-Indonesia dengan Kabinet Kerja di Jakarta.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08122014/oke-3jpg-1728.jpg
Plt Gubri Asyadjuliandi Rachman saat memberikan pemaparan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08122014/oke-2jpg-1727.jpg
Plt Gubri foto bersama dengan Danrem 031/WB, Bupati Rohul, Kaban Kesbangpol Riau, Karo Humas dan Karo Umum Setdaprov Riau

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08122014/oke-1jpg-1726.jpg
Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman saat mengikuti acara silaturahim.


Narasi: Ryan Yutri Varios

Foto-foto: Humas Sekdaprov Riau