RENGAT, GORIAU.COM - Sebagai organisasi mitra Polisi Republik Indonesia (Polri), Sentra Komunikasai (Senkom) mitra Polri siap membantu pemerintah dan polisi dalam memberikan informasi mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di seluruh pelosok daerah yang ada di Provinsi Riau.


Ungkapan tersebut disampaikan Ketua Umum Pusat Senkom, H M Syirot, SH Sip pada acara pelantikan pengurus Senkom Provinsi Riau, Sabtu (22/11/2014) di lapangan upacara Kantor Bupati Inhu.


Sedikitnya, 50 pengurus Senkom dan 500 anggota se-Provinsi Riau dilantik dan mengikuti Diklat Kamtibmas dan bela negara di Kabupaten Inhu. ''Sebagai mitra Polri, Senkom siap memberikan informasi dimanapun dan kapanpun jika ada gangguan Kamtibmas ke aparat terdekat,'' sebut Ketua Umum Senkom, M Syirot dalam sambutannya.


Sementara itu, Ketua Senkom Provinsi Riau, H Suwito dalam sambutannya menyebutkan, dari 12 Kabupaten/kota se-Provinsi Riau, baru ada 8 Kabupaten/kota yang memiliki pengurus hingga ketingkat kecamatan dan telah di-SK-kan. ''Pengurus Senkom yang telah dilantik diharapkan bisa membentuk kepengurusan hingga ke tingkat kecamatan,'' tandasnya.


Pembina Senkom pusat, Brigjen Pol Purn Drs Edi Muyadi dalam sambutan singkatnya menyebutkan, selamat dan sukses atas pelantikan anggota Senkom se-Provinsi Riau ini. Dengan demikian, diharapkan Senkom bisa bekerja semaksimal mungkin dan sesuai tugas dan fungsinya.


Selain itu tambahnya, dengan adanya Senkom ini di seluruh daerah di Provinsi Riau, diharapkan juga bisa bekerjasama dengan kepala daerah dalam melakukan pembinaan. Baik itu dalam bentuk pelatihan maupun dalam bentuk lain.


Sementara itu, Bupati Inhu, H Yopi Arianto membacakan sambutan Kapolda Riau, Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan menyebutkan, selamat dan sukses atas pelantikan Senkom serta Diklat Kamtibmas dan bela negara ini.


Dikatakannya, Senkom diharapkan dapat menciptakan sinergitas kemitraan dengan jajaran Polri dan membangkitkan serta menanamkan nilai-nilai kepedulian kepahlawanan dan empat pilar kebangsaan yang saat ini telah mulai luntur dan lenyap akibat perkembangan teknologi, globalisasi serta terkontaminasi budaya asing.


Selain itu, melalui Senkom ini hendaknya peran serta masyarakat dalam memelihara kamtibmas harus kembali diberdayakan dan ditingkatkan, sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga keluarga dan lingkungan dari gangguan kamtibmas itu sendiri, tegasnya.


Selain Bupati Inhu, hadir pada acara tersebut, Sekda Inhu Raja Erisman, Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo, Kasat Lantas Inhu, beberapa pejabat eselon II,III dan IV, Tokoh Masyarakat, Banser, RAPI, AMPG, Perpabri, Hipmi, Pramuka dan beberapa ormas.


Usai melantik anggota Senkom, Bupati Inhu dan jajarannya langsung melakukan peninjauan ke masyarakat korban banjir di Desa Rantau Bakung dan Desa Sialang Dua Dahan, Kecamatan Rengat Barat. Sedikitnya 70 kk yang ada di daerah itu harus tinggal di pengungsian. (jef)

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112014/1jpg-1631.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto saat bersama Pembina Senkom Mitra Polri, Brigjen Pol Purn Drs Edi Muyadi dan Ketua Umum Senkom H Muhammad Syirot, SH Sip.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112014/2jpg-1632.jpg
Bupati Inhu berfoto bersama Ketua dan Pembina Senkom setelah acara pelantikan anggota Senkom se-Provinsi Riau di halaman kantor Bupati Inhu.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112014/3jpg-1633.jpg
Bupati Inhu dan jajaran serta para tokoh masyarakat dan organisasi foto bersama dengan pengurus Senkom pusat dan 50 orang pengurus Senkom Riau.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112014/4jpg-1634.jpg
Bupati Inhu menyerahkan plakat sebagai cindera mata kepada pembina Semkom pusat, Brigjen Pol Purn Drs Edi Muyadi.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112014/5jpg-1635.jpg
Bupati Inhu saat mengalungkan tanda peserta Diklat Kamtibmas dan Bela Negara kepada salah seorang pengurus Senkom Riau.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112014/6jpg-1636.jpg
Ketua umum Senkom pusat H Muhammad Syirot, SH Sip memasangkan rompi Senkom pada Bupati Inhu sebagai anggota kehormatan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112014/7jpg-1637.jpg
Bupati Inhu saat menyampaikan sambutanya sekaligus membacakan sambutan Kapolda Riau pada acara pelantikan dan Diklat Bela Negara anggota Senkom se Riau.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112014/8jpg-1638.jpg
Bupati Inhu dan ketua umum Senkom pusat salam komando setelah melantik pengurus Senkom se Riau.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112014/9jpg-1639.jpg
Setelah acara pelantikan anggora Senkom se Riau, Bupati Inhu dan jajaran langsung meninjau banjir di Desa Rantau Bakung, dan Desa Sialang Dua Dahan, Kecamatan Rengat Barat.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23112014/10jpg-1640.jpg
Bupati Inhu, Sekda Inhu serta Kaban Penanggulangan Bencana Daerah, Adri Bahar tiba di tenda pengungsian warga di Desa Sialang Dua Dahan.

Narasi: Jefri Hadi
Foto-foto: Humas Setdakab Indragiri Hulu