TEMBILAHAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau menandatangani Nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (Mou) dengan Kejaksaan Negeri Tembilahan di ruang Banggar kantor DPRD Inhil, Selasa (24/11/2015) siang.

Dihadiri Bupati Inhil, HM Wardan, Ketua DPRD Inhil, Dani M Nursalam, Kepala Kejaksaan Negeri Tembilahan, Lulus Mustofa, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para anggota DPRD Inhil, dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil.

Nota kesepahaman yang ditandatangani itu adalah Mou dibidang perdata, tata usaha Negara dan legal drafting.

Kepala Kejaksaan Negeri Tembilahan, Lulus Mustofa mengatakan, MoU ini berkaitan dengan pemberian pendapat hukum terhadap kinerja pemerintah.

''Perlu diingat lo, ini kita bantuan untuk perdata saja, bukan pidana,'' sebut Lulus.

Untuk DPRD pun, dikatakan Lulus, Kejari Inhil dapat membantu dalam hal pemberian pendapat terhadap Peraturan Daerah (Perda) yang ada.

''Dengan adanya MoU ini semoga lebih bermanfaat untuk perkembangan dan perbaikan kampung kita ini,'' harapnya.

Senada dengan itu, Bupati Inhil, HM Wardan mengatakan, dengan telah disepakatinya MoU ini, maka Kejari Inhil bisa memberikan bantuan, pelayanan hukum maupun tindakan hukum lain yang dibutuhkan agar kebijakan yang dikeluarkan tidak bermasalah dikemudian hari.

Dengan MoU ini pula, dikatakan Bupati, setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat memanfaatkannya sehingga saat menjalankan tugas bisa percaya diri, dan tidak lagi dihantui rasa takut menyalahi peraturan yang ada.

''Dukungan sepenuhnya dari Kejaksaan sangat kami harapkan, semoga kesepakatan ini menambah wawasan pejabat baik di Pemkab maupun di DPRD,'' ujar HM Wardan.

Sementara, Ketua DPRD Inhil, Dani M Nursalam menuturkan, dengan adanya MoU ini, dapat menguatkan DPRD dalam melaksanakan tugas dan fungsi, terutama dalam menjalankan fungsi legislasi.

''Mudah-mudahan dengan adanya Mou ini kita bisa saling tukar pendapat untuk menyempurnakan regulasi yang akan kita sahkan bersama Pemkab Inhil,'' tukas Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini.***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/25112015/2jpg-3382.jpg

Bupati Inhil, HM Wardan dan Kepala Kejaksaan Negeri Tembilahan, Lulus Mustofa saat mendataangani MoU.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/25112015/3jpg-3381.jpg

Ketua DPRD Inhil, Dani M Nursalam, Bupati Inhil, HM Wardan dan Kepala Kejaksaan Negeri Tembilahan, Lulus Mustofa usai penandatanganan MoU.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/25112015/4jpg-3380.jpg

Bupati Inhil, HM Wardan saat menyerahkan nota kesepahaman kepada Kepala Kejaksaan Negeri Tembilahan, Lulus Mustaofa.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/25112015/5jpg-3379.jpg

Ketua DPRD Inhil, Dani M Nursalam saat menyerahkan nota kesepahaman kepada Kepala Kejaksaan Negeri Tembilahan, Lulus Mustaofa.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/25112015/6jpg-3378.jpg

Wakil Ketua I DPRD, Ferriyandi dan Wakil Ketua III DPRD, Syahruddin bersama unsur Forkopimda Inhil.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/25112015/7jpg-3377.jpg

Kepala Kejaksaan Negeri Tembilahan, Lulus Mustofa saat menyampaikan sambutannya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/25112015/8jpg-3376.jpg

Suasana sebelum berlangsungnya penandatanganan MoU.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/25112015/9jpg-3375.jpg

Para anggota DPRD Inhil yang hadir saat penandatanganan MoU.

Foto-foto: Humas Pemkab Inhil