PEKANBARU, GORIAU.COM - Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, S.Si meminta pemuda berperan aktif dalam pembangunan Kota Pekanbaru. Pasalnya, visi 'kota metropolitan madani' akan sulit dicapai jika para pemuda tidak punya kepedulian terhadap Kota Bertuah ini.


"Jika dilihat dari sejarahnya, kemerdekaan bangsa Indonesia tidak bisa terlepas dari pemuda. Kemajuan suatu daerah sangat ditentukan oleh semangat pemudanya," ujar Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 di Halaman Kantor Walikota Pekanbaru.


Dikatakan Ayat, saat ini Kota Pekanbaru mengalami perkembangan yang pesat. Seiring dengan perkembangan tersebut, lanjutnya, sangat dibutuhkan pemuda yang tangguh. Dimana, pemuda hari ini merupakan pemimpin di masa yang akan datang.


"Pemuda hari ini merupakan calon pemimpin untuk masa depan. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan pemuda yang memiliki semangat tinggi untuk melanjutkan pembangunan Kota Pekanbaru," ujar Ayat.

Ads

Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 dengan tema 'Bangun Soliditas Pemuda, Maju dan Berkelanjutan'. Hal yang perlu diperhatikan dalam tema tersebut, lanjut Ayat, para pemuda harus bisa mengambil peran secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa. "Pemuda harus memiliki tujuan yang sama dalam pembangunan nasional," ujarnya.


Menurut Ayat, Kota Pekanbaru memiliki ragam budaya seiring dengan masuknya berbagai suku bangsa. Meski demikian, sesuai dengan falsafah bangsa Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, hal tersebut bukanlah sebuah penghalang dalam pembangunan Kota Pekanbaru. "Keberagaman ini memberi warna dan corak dalam pembangunan Kota Pekanbaru," katanya.


"Oleh sebab itu, pemuda harus saling bersinergi dalam membantu Kota Pekanbaru menuju kota metropolitan madani," lanjut Ayat.


Pada upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-86, juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), mulai dari jaksa, Kapolres dan Kepala Dinas serta pegawai di Pemko Pekanbaru.


Dalam kesempatan ini, Wakil Walikota Pekanbaru didaulat sebagai inspektur upacara. Dalam pidato Kemenpora yang dibacakan Ayat, ia berpesan agar pemuda mampu mewujudkan bangsa yang bermartabat agar sejajar dengan bangsa lain di dunia. ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28102014/2jpg-1543.jpg
Dua orang anggota KNPI Kota Pekanbaru sedang membacakan sumpah pemuda pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-68 di Halaman Kantor Walikota Pekanbaru.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28102014/1jpg-1544.jpg
Para pemuda dan Wakil Walikota Pekanbaru salam komando usai pelaksanaan Upacara Bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28102014/3jpg-1545.jpg
Para pemuda dari berbagai suku bangsa dengan khidmat mengikuti jalannya upacara peringatan hari sumpah pemuda ke-86 di halaman Kantor Walikota Pekanbaru.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28102014/4jpg-1546.jpg
Pemimpin Upacara Syafli Syarif dalam posisi siap saat memimpin pasukan peringatan Hari Upacara Sumpah Pemuda ke-68 di Kantor Walikota Pekanbaru.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28102014/5jpg-1547.jpg
Pengibaran bendera pada peringatan hari sumpah pemuda ke 86 tahun 2014.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28102014/6jpg-1548.jpg
Anggota veteran juga ikut dalam memperingati hari sumpah pemuda yg ke 86 tahun 2014.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28102014/7jpg-1549.jpg
Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi berfoto bersama Forkompinda.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28102014/8jpg-1550.jpg
Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi S.si berfoto bersama perwakilan pemuda bangsa di halaman kantor Walikota Pekanbaru.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28102014/9jpg-1551.jpg
Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi S.si menyalami pemimpin upacara Hari Sumpah Pemuda dalam hal ini dipimpin dari KNPI Syafli Syarif SE.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28102014/10jpg-1552.jpg
Wakil Walikota Pekanbaru berpose bersama para pemuda dari berbagai organisasi yang ada di Pekanbaru usai pelaksanaan upaca bendera sempena Hari Sumpah Pemuda ke-68.

Narasi: Wirman Susandi
Foto-foto: Humas Setdako Pekanbaru