PEKANBARU, GORIAU.COM - Dalam usia yang tidak lagi muda, kota Pekanbaru terus berkembang pesat dan tumbuh bersaing dengan kota besar lainnya di Indonesia. Momentum Hari Jadi ke-231 yang jatuh pada hari ini, 23 Juni 2015, pembangunan Pekanbaru terus menggeliat. Hal ini seiring dengan berbagai program strategis dan inovatif yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru.


Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST, MT dalam sambutan pada upacara peringatan Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-231 mengatakan, peringatan ini adalah merupakan wujud rasa syukur, cinta dan bangga sebagai bagian dari kota dengan lebih 1 juta penduduk tersebut. Pekanbaru saat ini bukan lagi kota biasa, tetapi sangat luar biasa.


Berkat kerjasama dan cinta semua masyarakat, Pekanbaru saat ini menjadi kota yang dilirik setiap orang untuk berinvestasi. Karena itu tidak heran penghargaan demi penghargaan silih berganti menandai Kota Bertuah sangat diperhitungan di kancah nasional.


"Pada hari jadi Pekanbaru ke-231 ini, kita seluruh masyarakat kota Pekanbaru patut berbahagia dan berbangga hati, karena melalui kerja keras dan kerjasama seluruh elemen, pada tahun 2014 lalu kota Pekanbaru telah mendapat 14 penghargaan bergengsi. Alhamdulillah, pada awal tahun 2015 sampai dengan hari ini, kota Pekanbaru kembali meraih lima prestasi bergengsi tingkat nasional," ujar Walikota Firdaus.


Lima penghargaan dimaksud diantaranya, Pekanbaru sebagai kota tujuan investasi terbaik di Indonesia. Pemerintah Kota Pekanbaru yang memiliki tata kelola pemerintahan terbaik di Indonesia. Pekanbaru kota termuda, termurah dan tercepat dalam urusan perizinan yang diberikan DPP REI. Satu-satunya kota besar yang meraih penghargaan terbaik nasional pelayanan perizinan satu pintu dan Pemerintah Kota terbaik Tittle Diamon dari Majalah Tempo.


Namun demikian, Walikota mengatakan prestasi ini tidak harus menjadikan Pekanbaru berpuas dan terlena. Tetapi mari jadikan cambuk dan evaluasi seberapa jauh keberhasilan kinerja pelayanan pada pertengahan tahun 2015 ini.


"Mari kita bersinergi dalam meningkatkan rasa memiliki (sense of belonging) terhadap kota pekanbaru pada diri kita masing-masing, agar kita termotivasi untuk menjaga dan merawat kota Pekanbaru yang kita diami, demi kebaikan kita bersama," jelasnya.


Ia mengatakan, Pemko terus berbenah melakukan revisi tatanan kota dengan penekanan kota modern berasas smart city, liveable city dan green city. Berbagai aspek kerja dipersiapkan untuk menjadikan Kota Pekanbaru yang madani dengan falsafah Trilogi Pembangunan.


"Trilogi Pembangunan itu pertama dimensi akhlak yang merupakan dimensi dasar yang menuntun kita untuk selalu bekerja secara profesional, amanah dan santun. Kedua dimensi kualitas yang menuntut kita untuk disiplin, kreatif dan inovatif. ketiga dimensi karakter, yaitu, bekerja keras, bergerak cepat, bertindak tepat dan tuntas," sampai Firdaus.


Pertumbuhan dalam bidang ekonomi juga sejalan dengan apa yang telah dilakukan saat ini. Jumlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) juga mengalami peningkatan signifikan. Setidaknya dari Rp2,8 triliun pada tahun sebelumnya, sekarang sudah meningkat menjadi Rp3,3 triliun, hal ini membuktikan terjadi peningkatan yang baik.


"Begitu juga untuk Indek Pembangunan Manusia (IPM) kota Pekanbaru sebesar 78,72 persen melebihi IPM Riau yang hanya 76,52 persen dan nasional sekitar 72,77 persen. Semuanya adalah bentuk upaya kita terus meningkatkan sumber daya manusi demi kemajuan kedepan," imbuh Walikota.


Melalui peringatan Hari Jadi ke-231, Walikota mengajak seluruh pihak saling bersinergi, bergerak cepat dan bertindak tepat dalam upaya pembangunan Pekanbaru. Hari jadi menurutnya sebagai momen untuk berkarya dan memberikan yang terbaik bagi negeri bertuah.


Pada kegiatan tersebut juga diberikan penghargaan untuk kegiatan lomba dalam rangkat HUT Kota Pekanbaru ke-231 dan penyerahan bantuan ambulan dari Bank BNI 46. (rul)

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23062015/2jpg-2588.jpg
Menaikkan bendera yang dilakukan beberapa camat di Pekanbaru.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23062015/3jpg-2589.jpg
Walikota Firdaus ST MT membacakan amanat pada upacara HUT Kota Pekanbaru ke-231.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23062015/4jpg-2590.jpg
Walikota Pekanbaru Firdaus MT menandatangani serah terima ambulan dari BNI 46.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23062015/5jpg-2591.jpg
Walikota Firdaus ST MT menyerahkan hadiah berupa uang kepada salah satu pemenang Lomba Mewarnai Tingkat Taman Kanak-kanak pada Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-231 dihalaman Kantor Walikota Pekanbaru.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23062015/6jpg-2592.jpg
Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT menerima bantuan 1 unit ambulance dari BNI 46 pada Upacara Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-231 di halaman Kantor Walikota Pekanbaru.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23062015/7jpg-2593.jpg
Pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru saat mengikuti upacara Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-231.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23062015/8jpg-2594.jpg
Walikota Pekanbaru Firdaus, ST, MT menyerahkan Piala bergilir kepada Lurah Tampan sebagai Kantor Lurah Terbersih Tahun 2015 dalam rangka Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-231 dihalaman Kantor Walikota Pekanbaru.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23062015/9jpg-2595.jpg
Walikota Pekanbaru Firdaus, ST, MT menyerahkan piala kepada salah satu pemenang Lomba Bercerita tingkat Sekolah Dasar pada Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke-231 dihalaman Kantor Walikota Pekanbaru.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23062015/10jpg-2596.jpg
Kabag Humas Alek Kurniawan, Kadis PU Bina Marga Zulkifli Harun, Kasatpol PP Zulfahmi Adrian dan Kepala BKD H Harisman Rozie pada sidang paripurna istimewa HUT Kota Pekanbaru ke-231.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23062015/11jpg-2597.jpg
Suasana sidang paripurna istimewa HUT Kota Pekanbaru ke-231.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23062015/12jpg-2598.jpg
Walikota Pekanbaru Firdaus MT beserta jajaran usai sidang paripurna istimewa HUT Kota Pekanbaru ke-231.

Narasi: Fahrul Rozi
Foto-foto: Humas Pemko Pekanbaru