TELUK KUANTAN, GORIAU.COM - Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kuantan Singingi (Kuansing) berlangsung khidmat, Senin (11/5/2015) di Lapangan Limuno Teluk Kuantan. Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Muharman didaulat sebagai Inspektur Upacara (Irup).


Disampaikannya, pendidikan telah membukakan pintu wawasan, menyalakan cahaya pengetahuan sehingga menguatkan pilar ketahanan moral.


"Para perintis kemerdekaan memiliki gagasan besar melampaui zamannya berkat pendidikan," ujar Muharman di hadapan peserta upacara. Upacara ini dihadiri sekolah-sekolah yang berada di sekitar Kota Teluk Kuantan.


Gagasan itu, lanjut Muharman, menjadikan Indonesia sebagai rujukan oleh bangsa-bangsa di Asia - Afrika. Bangsa-bangsa asing tidak hanya terpesona pada keindahan alam, keagungan budaya atau keramah-tamahan masyarakatnya. Tapi juga deretan orang-orang terdidik yang berani mengusung ide-ide terobosan. "Terobosan-terobosan itu tetap didukung oleh moral dan intelektual," tegasnya.


Menurut Muharman, aset besar bangsa ini bukan kekayaan alam, melainkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang tak ternilai. Oleh sebab itu, manusia Indonesia harus memiliki pendidikan dan pemerintah menjamin pendidikan seseorang. "Hal ini dibuktikan dengan sekolah gratis hingga SLTA," ucapnya.


"Jika manusia terdidik dan tercerahkan, maka itu adalah kunci kemajuan bangsa. Sudah saatnya, generasi muda Kuansing ambil alih dalam segala hal. Kemajuan Kuansing sangat ditentukan oleh generasi saat ini," tutup Muharman.(fer)