SELATPANJANG, GORIAU.COM - Tim penilaian tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau, Senin (17/11/2014) mendatangi Kabupaten Kepulauan Meranti untuk melakukan peninjauan terhadap kesiapan Meranti sebagai tuan rumah Porprov 2017 mendatang. Hasil tinjauan itu, Meranti memenuhi syarat menjadi tuan rumah Porprov 2017.


Waktu itu, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, didampingi Ketua Bappeda Azza Fahroni, Ketua Disparpora Ishak Izrai, Ketua DPRD Kepulauan Meranti Fauzi Hasan, Kadis PU Ardhahni, Ketua KONI H Jaapar SP, pengurus KONI Meranti, anggota Komisi B DPRD Kepulauan Meranti, dan masayrakat dan beberapa tokoh lainnya menggelar ekspose kesiapan Meranti sebagai tuan rumah di Kopi Tiam Jalan Diponegoro Selatpanjang.


Usai menggelar ekspose ini, tim penilai langsung melakukan peninjauan di sejumlah lokasi yang akan dijadikan venue pada Porprov 2017. Usai meninjau, malam harinya digelar ekspose hasil tinjauan di Ruang Melati Kantor Bupati Kepulauan Meranti Jalan Dorak Selatpanjang.


Ketua tim penilai kesiapan Meranti sebagai tuan rumah Porprov 2017 dari Provinsi Riau, Zulkifli Saleh yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua 1 Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau menegaskan bahwa Kepulauan Meranti sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau 2017 nantinya. Jadi hanya tinggal meyakinkan seluruh Pengurus KONI Kabupaten/Kota se-Riau dan seluruh Pengurus Cabang Olahraga (Pengcabor) Provinsi Riau saja nantinya.


"Syarat utamanya adalah sebanyak 50 persen venue dari seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan sudah tersedia di Meranti. Kita sudah melihat sejumlah venue di Kepulauan Meranti sudah tersedia dan memenuhi persyaratan tersebut. Jadi Kepulauan Meranti sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi tuan rumah Porprov 2017," ungkapnya usai ekspose Kesiapan Meranti menjadi tuan Rumah Porprov Riau ke IX 2017, senin malam di ruang rapat melati kantor Bupati kepulauan Meranti jalan Dorak Selatpanjang.


Zulkifli bersama, Sekretaris KONI, Darmansyah dan dua orang pengurus KONI Riau lainnya ditugaskan ke Meranti untuk melihat kesiapan Kepulauan Meranti sebagai salah satu dari empat kandidat tuan rumah Porprov Riau ke IX pada tahun 2017 nantinya. Meranti sendiri merupakan Kabupaten kedua yang dilihat kesiapannya setelah Kabupaten Kampar. Dua kabupaten lagi yang juga menjadi kandidat tuan rumah porprov Riau 2017 yakni, Rokan hulu (Rohul) dan Kuantan Sengingi. "Hasil kunjungan kami ke sini untuk memotret atau melihat kondisi existing akan kami laporkan nantinya kepada Gubernur Riau. Sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan nantinya," sebutnya.


Wakil Ketua Umum 1 KONI Provinsi Riau itu menyarankan agar nantinya dalam rapat penunjukan tuan Rumah Porprov, Kepulauan Meranti menunjukkan dan menggambarkan seluruh venues yang telah tersedia. Dia juga mengharapkan seluruh venues tersebut sudah memiliki toilet, lahan parkir yang luas, dan ketersediaan air bersih serta penanganan sampah. "Yang paling penting lagi adalah ketersediaan listrik, dan transportasi. Karena hal itu semua menjadi syarat mutlak yang dituntut nantinya dalam Porprov," harap Zulkifli.


Sebelumnya dalam rapat ekspose Sekda, Drs H Iqaruddin bersama tim panitia persiapan Meranti sebagai tuan rumah Porprov Riau 2017 yang menerima kedatangan penilai dari provinsi berharap bahwa Meranti ditunjuk tuan rumah menjadi momen untuk membangun daerah. Event Porprov tersebut juga sejalan dengan visi Meranti sebagai bandar niaga. "Daerah kita menjadi daerah transit dan sangat terbuka. Jadi dengan menjadi tuan rumah pada porprov nanti akan sejalan dan bisa berjalan dengan baik," ujarnya.


Meranti juga tengah mempersiapkan diri memenuhi seluruh venue yang dibutuhkan masyarakat. Sebab olahraga berkembang dengan baik di kepulauan Meranti. "Jadi bisa sinkron. Kita telah mempersiapkan diri membangun sejumlah venues yang dibutuhkan masyarakat dan tentunya bisa sejalan jika Meranti ditunjuk sebagai tuan rumah porprov Riau 2017," tambahnya. ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20112014/1jpg-1618.jpg
Sesaat sebelum ekspose kesiapan Meranti sebagai tuan rumah Porprov 2017 di Kopitiam Jalan Diponegoro Selatpanjang.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20112014/2jpg-1619.jpg
Dinas PU Kepulauan Meranti mulai mengekspose bentuk venue-venue yang digunakan untuk Porprov 2017 di Meranti.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20112014/3jpg-1620.jpg
Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, memaparkan kesiapan Kepulauan Meranti menjadi tuan rumah Porprov 2017 mendatang.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20112014/4jpg-1621.jpg
Salah satu tokoh masyarakat Kepulauan Meranti menyatakan mendukung penuh dan siap mensukseskan Porprov di Kepulauan Meranti 2017 mendatang.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20112014/5jpg-1622.jpg
Ketua Pemuda Pancasila Kepulauan Meranti Asnan Mahdar menyatakan mendukung penuh dan siap mensukseskan Porprov di Kepulauan Meranti 2017 mendatang.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20112014/6jpg-1623.jpg
Ketua Komisi B DPRD Kepulauan Meranti, Dedi Putra SHi, menyatakan mendukung penuh dan siap mensukseskan Porprov di Kepulauan Meranti 2017 mendatang.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20112014/7jpg-1624.jpg
Panglima LMBR Meranti, M Afrizal, menyatakan mendukung penuh dan siap mensukseskan Porprov di Kepulauan Meranti 2017 mendatang.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20112014/8jpg-1625.jpg
Ketua PWI Kepulauan Meranti, Ahmad Yuliar, menyatakan mendukung penuh dan siap mensukseskan Porprov di Kepulauan Meranti 2017 mendatang.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20112014/9jpg-1626.jpg
Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, terlihat berbincang-bincang dengan Ketua Bappeda Kepulauan Meranti Azza Fahroni dan wakil pimpinan DPRD Meranti Muzamil.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20112014/10jpg-1627.jpg
Ekspose hasil tinjauan tim dari Provinsi di Ruang Rapat Melati Kantor Bupati Kepulauan Meranti.

Narasi: Safrizal
Foto-foto: Humas Setdakab Kepulauan Meranti