SELATPANJANG, GORIAU.COM - Sudah 69 tahun Indonesia Merdeka, tapi baru Ir Joko Widodo lah yang merupakan presiden pertama kali menginjakkan kaki di Kota Sagu yang sekarang menjadi Kabupaten Kepulauan Meranti. Jokowi datang ke Meranti ditemani istrinya Iriana dan dua anaknya Kaesang Pangarep dan Kahiyang Ayu.


Mengenakan kemeja putih, celana hitam dan istri mengenakan baju batik warna coklat, Jokowi diarak warga Kabupaten Kepulauan Meranti menuju ke salah satu kilang pengolah sagu secara tradisional milik Nung Mil di Jalan Parit Kekat Desa Sungai Tohor Kecamatan Tebingtinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.


Sebelum sampai ke kilang, Jokowi menyempatkan diri ke lokasi kanal yang dibangun oleh masyarakat dan Ia pun meletakkan secara simbolis uyung sagu di kanal tersebut. Kemudian Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Kilang Sagu, bahkan Jokowi juga cukup mahir meniti tual sagu yang terkenal licin. Di sini Jokowi mendapat pemaparan dari Nung Mil tentang pengolahan sagu. Ia juga sempat mencicipi makanan-makanan khas Meranti yang terbuat dari sagu, seperti makan Mie Sagu. Setelah itu, Jokowi melakukan penanaman sagu secara simbolis.


Usai dari kilang sagu, Jokowi dan rombongan langsung menuju ke Lapangan Sepakbola Desa Sungai Tohor untuk berdialog langsung dengan ribuan warga Kepulauan Meranti. Di lapangan ini Jokowi dititipi banyak keluhan masyarakat seperti minta penambahan guru, pembangunan laboratorium, serta mendapat pertanyaan kenapa dilakukan pencabutan subsidi BBM sebesar Rp2 ribu rupiah perliter.


Usai berdialog dengan warga, Jokowi melanjutkan perjalanan ke Kantor Camat Tebingtinggi Timur tempat heli yang membawanya terparkir. Setelah itu Jokowi langsung berangkat ke Pekanbaru yang sebelumnya menyempatkan diri untuk diwawancara dan berfoto bersama.


Jokowi juga sempat memberikan uang tunai sebesar Rp300 juta rupiah yang diterima langsung oleh Abdul Manan, orang yang mengirim petisi tentang asap ke Jokowi beberapa waktu lalu. Uang itu digunakan untuk pembangunan kanal yang digunakan untuk mengaliri air ke lokasi lahan gambut agar jika musim kering gambut tetap basah, ini guna menghindar terjadinya Karhutla. ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27112014/1jpg-1665.jpg
Presiden RI Ir Joko Widodo beserta rombongan saat tiba di lapangan Kantor Camat Tebingtinggi Timur disambut oleh Plt Gubri Arsyad Juliandi Rachman, Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, dan Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/27112014/2jpg-1666.jpg
Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi saat mendampingi Presiden RI Ir Jokowi masuk ke Kantor Camat Tebingtinggi Timur.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28112014/3jpg-1667.jpg
Presiden RI Ir Jokowi didampingi Plt Gubri Andi Rahman, Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, dan beberapa pejabat lainnya saat menuju ke Lokasi Kilang pengolahan Sagu secara tradisional.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28112014/4jpg-1668.jpg
Presiden RI Ir Jokowi beserta istri Iriana naik kendaraan khas Meranti, Becak, untuk menuju lokasi kilang sagu.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28112014/5jpg-1669.jpg
Presiden RI Ir Jokowi didampingi Plt Gubri Andi Rahman, Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, saat tiba di lokasi kilang sagu.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28112014/6jpg-1670.jpg
Jokowi dan pemilik kilang sagu Nung Mil saat meniti tual sagu.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28112014/7jpg-1671.jpg
Nung Mil menjelaskan tentang pengolahan sagu secara tradisional kepada Jokowi.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28112014/8jpg-1672.jpg
Jokowi saat mencicipi makanan khas Meranti, Mie Sagu, di lokasi kilang sagu milik Nung Mil.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28112014/9jpg-1673.jpg
Jokowi melakukan penanaman sagu secara simbolis.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28112014/10jpg-1674.jpg
Pembuatan kanal secara simbolis oleh Jokowi, guna mengaliri air di lahan gambut agar tidak terjadi kekeringan yang menyebabkan karhutla.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28112014/11jpg-1675.jpg
Jokowi saat menjelaskan hasil tinjauannya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28112014/12jpg-1676.jpg
Foto bersama Jokowi dengan pejabat Provinsi Riau dan Kabupaten Kepulauan Meranti di lapangan Kantor Camat Tebingtinggi Timur.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28112014/13jpg-1677.jpg
Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, menyerahkan cenderamata kepada Presiden RI Ir Joko Widodo.

Narasi: Safrizal
Foto-foto: Humas Setdakab Kepulauan Meranti