RENGAT, GORIAU.COM - Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H Yopi Arianto SE mencangkan Kecamatan Pasir Penyu sebagai percontohan Kecamatan Layak Anak, Rabu (15/4/2015) di Gedung Buana Sakti Airmolek. Pencanangan Pasir Penyu sebagai Kecamatan Layak Anak ini ditandai dengan penandatangan prasasti dan pemukulan gong oleh Bupati Inhu.


Selain itu, juga dilaksanakan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara dinas dan instansi terkait menuju Indragiri Hulu sebagai Kabupaten Layak Anak serta penyerahan piagam penghargaan kepada camat serta Upika Kecamatan Pasir Penyu dan penyerahan sarana pendukung Kecamatan Layak Anak.


Turut hadir kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Inhu Adil Ansori, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Inhu Drs H Asriyan MSi, Motivator kabupaten/kota layak anak Provinsi Riau Dra Rosmawati Apt, MSi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, camat se Kabupaten Inhu, perangkat desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama.


Camat Pasir Penyu, H Syahrudin SSos, MT mengungkapkan bahwa untuk mensukseskan Pasir Penyu sebagai Kecamatan Layak Anak, pihaknya akan melaksanakan sosialisasi selama lebih kurang 33 hari dari pukul 15.30 sampai 18.00 Wib. Isi sosialisasi tersebut yaitu, anak-anak tidak diperbolehkan keluar malam lewat dari pukul 21.00 Wib dengan alasan yang tidak jelas serta diwajibkan belajar pada malam hari hingga pukul 21.00 Wib dan tidak menyalakan TV pada saat jam belajar tersebut.


Motivator penggiat kabupaten/kota layak anak Provinsi Riau, Dra Hj Rosmawati Apt, MSi mengatakan bahwa ditahun 2015 ini Kecamatan Layak Anak harus sudah terlaksana. Sebab Kecamatan Layak Anak dilaksanakan sepenuhnya untuk kepentingan anak-anak, sehingga mereka merasa nyaman dimanapun mereka berada.


''Yang perlu diprioritaskan di Kecamatan Pasir Penyu adalah anak-anak wajib belajar. Selain itu, direncanakan untuk membangun taman cerdas, sehingga taman ini bisa dimanfaatkan untuk berekreasi, tempat belajar sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat,'' tuturnya.


Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE mengatakan bahwa progam pembangunan Kabupaten Layak Anak telah dimulai sejak tahun 2012 dengan melaksanakan sosialisasi serta pembentukan Forum Anak dan taman bermain anak. Upaya tersebut harus didukung secara bersama-sama dengan memerhatikan dan mengedepankan pemenuhan hak-hak anak.


Bupati juga memberikan apresiasi kepada Kecamatan Pasir Penyu beserta upika dan jajarannya yang telah mengupayakan secara swadaya dan bersama-sama untuk berusaha mewujudkan Kecamatan Pasir Penyu menuju Kecamatan Layak Anak. Bupati juga minta agar segala bentuk pembangunan yang diarahkan di Kecamatan Pasir Penyu dapat mempertimbangkan dan mengupayakan pemenuhan hak-hak anak. ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/15042015/1jpg-1954.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama Wakil Ketua DPRD Inhu Adila Ansori, Plt Kepala BPPPAKB Ir Fenni Darius serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah saat hadir pada acara pencangan Pasir Penyu sebagai percontohan Kecamatan Layak Anak.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/15042015/2jpg-1955.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menandatangi prasasti pencangan Pasir Penyu sebagai percontohan Kecamatan Layak Anak.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/15042015/3jpg-1956.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyaksikan penandatanganan MoU antara dinas dan intansi terkait dalam rangka menuju Indragiri Hulu sebagai Kabupaten Layak Anak.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/15042015/4jpg-1957.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE menyaksikan penandatanganan MoU antara dinas dan intansi terkait dalam rangka menuju Indragiri Hulu sebagai Kabupaten Layak Anak.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/15042015/6jpg-1958.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE memukul gong tanda dicanangkannya Pasir Penyu sebagai Kecamatan Layak Anak.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/15042015/7jpg-1959.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE saat meninjau pelaksanaan UN di SMAN 1 Sungai Lala.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/15042015/9jpg-1960.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs H Asriyan MSi dan Kepala Dinas Pendidikan Inhu H Ujang Sudrajat SP MSi berfoto bersama dengan Camat Sungai Lala Yus Amrina serta kepala sekolah dan majelis guru SMAN 1 Sungai Lala.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/15042015/10jpg-1961.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE saat meninjau pelaksanaan UN di SMKN 1 Batang Gansal.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/15042015/11jpg-1962.jpg
Bupati Inhu H Yopi Arianto SE didampingi Kepala Dinas Pendidikan Inhu H Ujang Sudrajat SP MSi berfoto bersama dengan kepala sekolah dan majelis guru SMKN 1 Batang Gansal.

Narasi: Jefri Hadi
Foto-foto: Humas Setdakab Indragiri Hulu