TEMBILAHAN - Serangkaian tes sudah dilakukan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang berada di Parit 21 Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau. Dan saat ini hanya menyisakan dua ujicoba jelang beroperasi.

Manager PLN Rayon Tembilahan, Annas Yasin Ilmianto mengatakan, masih ada dua tes lagi yang harus dilalui hingga akhirnya PLTU bisa beroperasi maksimal. "Masih ada dua tes lagi yang harus dilalui. Jadi sekarang persiapannya sekitar 75 persen, semoga cepat selesai," ujar Annas kepada GoRiau.com, Senin (26/7/2018).

Berdasarkan perhitungan dari tim dari PLTU, dijelaskan Annas, semua tes akan selesai di akhir tahun 2018. "Kalau perhitungan dari tim PLTU untuk selesai semua tes di akhir tahun ini. Tapi kita optimis bisa lebih cepat. Semoga hasil tesnya bagus dan bisa segera dimaksimalkan", lanjutnya.

Jika hasil tes dinyatakan bagus, maka PLTU siap beroperasi maksimal. Dan jika sudah bisa beroperasi maksimal, maka akan dilakukan interkoneksi sistem antara PLTU dan PLTD Parit 4 Tembilahan Hulu.

"Untuk daya kita sekarang yang ada di PLTD Parit 4 itu 23 Mega Watt (MW), jika PLTU sudah bisa beroperasi maka ada tambahan daya sebesar 14 MW, mudah-mudahan aja sebelum akhir tahun PLTU sudah bisa beroperasi," tukas Annas. ***