LUBUKTERAP - Festival Kuda Kepang se Kabupaten Pelalawan yang memperebutkan piala bergilir anggota DPRD Riau Sugianto disambut meriah oleh warga Jawa di Lapangan Bola Kaki Mereda, Lubuk Terap, Minggu (25/9/2016). Kegiatan ini untuk menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriah, sekaligus ulang tahun Paguyuban Jawa Pamitran.

Acara yang dihadiri sekitar tiga ribu warga Jawa Paguyuban Pamitran ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi sekaligus menyongsong hari besar Islam, atau lebih populer di kalangan Jawa Suroan.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menggali seniman-seniman kuda kepang dan bakat yang selama ini terpendam dalam rangka mendukung kegiatan pariwisata di Provinsi Riau," kata Ketua Paguyuban Jawa Pamitran, Turmin.

Turmin mengaku sangat bahagia, antusias peserta dari berbagai kecamatan dan desa luar biasa. Dengan adanya kegiatan ini para group seni di setiap desa merasa diperhatikan dan bangga bisa menampilkan kreasi seni yang tidak pernah di sentuh oleh uluran tangan pemerintah.

Sementara itu, Sugianto mengaku sangat mendukung kegiatan yang digagas oleh Paguyuban Jawa Pamitran, karena dapat membuka jalan kebersamaan dan kekompakan masyarakat Jawa membangun Kabupaten Pelalawan khususnya Riau pada umumnya.

"Disinilah warga berkumpul dan saling kenal satu sama lain untuk berdiskusi, sekaligus melepas lelah dengan menikmati suguhan hiburan yang sudah jarang didapatkan di sini," ungkap anggota Fraksi PKB DPRD Riau tersebut.

Sugianto berharap, melalui kegiatan ini juga menjadikan masyarakat Pelalawan bangkit untuk mengembangkan kepedulian pada budaya dan daerah. "Pemerintah harus lebih peduli dengan kebudayaan dan kesenian tradisional di Indonesia," sambungnya.

Menurut dia, kebudayaan tradisional juga harus diperkenalkan dan dilestarikan terutama kepada generasi muda penerus bangsa.***