SIAK - Allah telah mentakdirkan Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institut, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), untuk berkunjung ke Siak, kota Istana, Minggu (5/11/2017).

"Kami atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Siak mengucapkan terima kasih atas kunjungan Mas Agus, apalagi ini untuk pertama kalinya," kata Bupati Siak, Drs Syamsuar MSi, saat memberi kata sambutan ketika AHY bersilaturahmi dengan ribuan masyarakat Siak di Taman Maharatu.

Kunjungan Mas Agus ini, sambung Syamsuar, diketahuinya adalah untuk memenuhi hajat sang bapaknya, SBY yang pernah melaksanakan tugas di Siak sebagai presiden namun tak sempat masuk ke Istana Siak dan tak sempat berziarah ke Makam Sultan Siak.

"Kami masyarakat Siak mendoakan agar keluarga besar SBY selalu sehat dan suskses dalam tugas negara. Kunjungan ini sangat berarti bagi kami masyarakat Siak," ungkap Syamsuar.

Syamsuar sempat meluapkan suka dan duka Siak. Dulunya daerah ini adalah sebuah Kerajaan Melayu Islam, kemudian seiring Sultan Siak menyerahkan kedaulatan kepada NKRI, daerah ini menjadi sebuah kecamatan yang kecil di bawah Kabupaten Bengkalis.

Akhirnya, sambung Syamsuar, dengan semangat otonomi daerah Siak lepas dari Kabupaten Bengkalis dan menjadi Kabupaten Siak.

Di usia Kabupaten Siak yang berumur 18 tahun, dengan berbagai potensi yang ada, Kabupaten Siak terus menggeliat hingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya dalam mewujudkan kesejahtraan yang merata.

"Siak punya potensi wisata yang cukup luar biasa, Siak juga punya Migas, dan sandang pangan. Saat ini, Siak sudah tercatat sebagai kota pusaka Indonesia dan menuju kota warisan dunia," ungkap Syamsuar.***